Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yang Baru Pada Sistem Injeksi All New CB150R StreetFire

Dimas Pradopo - Jumat, 7 Agustus 2015 | 18:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sistem injeksi yang disematkan Honda pada All New CB150R StreetFire ternyata berbeda dengan generasi sebelumnya. Seperti putaran stasioner tak lagi disetel manual, dan hasil pembakaran dibaca kadar oksigennya. Seperti yang diadopsi Honda CBR150R.

“Untuk pengaturan stasioner, kini sudah otomatis karena ada IACV atau idle air control valve, kalau CB150R lama disetel manual pakai obeng,” terang Sarwono Edhi, Technical Service Training Development PT Astra Honda Motor. Stasioner CB150R ini akan diatur oleh ECM di kisaran 1.500 ±100 rpm.

No caption
No credit
No caption

Stasioner CB150R ini akan diatur oleh ECM di kisaran 1.500 ±100 rpm


Sementara pada sektor pembuangan, kini hasil pembakaran dibaca oleh sensor O2, yang tugasnya memastikan perbandingan udara dan bensin yang dipasok ke dalam silinder komposisinya pas, sehingga emisi gas buang bisa ditekan. Langkah ini tentunya juga agar bisa lolos Euro3.

Untuk sensor, keseluruhan ada 7 buah. Yaitu MAP (Manifold Absolute Pressure) untuk membaca tekanan udara di throttle body, IAT (Intake Air Temperature) yang membaca suhu udara di intake, TP (Throttle Position) atau sensor yang membaca besarnya bukaan gas, ketiga sensor itu posisinya ada di throttle body yang berdiameter 30 mm.

No caption
No credit
No caption

Kini hasil pembakaran dibaca oleh sensor O2

Berikutnya ada Bank Angle Sensor yang membaca sudut kemiringan, saat jatuh akan mematikan mesin. Berikutnya ada sensor CKP (Crankshaft Position), memberikan input posisi piston. Kemudian ada sensor ECT (Engine Coolant temperatur) yang menginformasikan suhu mesin. Terakhir baru O2 sensor yang membaca hasil pembakaran.

Sebagai otak pengaturan proses pembakaran, ada ECM (Engine Control Module). Kerjanya menerima input dari sensor-sensor kemudian memerintahkan kapan injektor menyemprotkan bensin dan busi memercikkan api. Oh iya, injektornya kini punya 8 lubang. (otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa