Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Spesifikasi dan Detail Lengkap Honda Sonic 150R, Pertama di Dunia!

Dimas Pradopo - Rabu, 5 Agustus 2015 | 13:40 WIB

 
Otomotifnet.com - Hari ini (8/5) bebek baru Honda Sonic 150R resmi diluncurkan! Desainnya sangat sporti dan futuristik, garis-garisnya khas motor masa kini yang serbatajam. Motor ini dijual Rp 20,9 juta OTR Jakarta.

Nama Sonic memang tak asing lagi, pernah rilis Sonic RS125 yang asli Thailand di Indonesia. Setelahnya, PT Astra Honda Motor (AHM) malah membuat CS-1 yang diproduksi sampai akhir 2013.

 
Nah akhirnya muncul Sonic 150R yang karya PT AHM. Desainnya khas Sonic, ayam jago dengan tampang yang sangat sporti dan punya dimensi ramping!

Setang mengadopsi model jepit namun punya batang tinggi. Kontak telah dilengkapi pengaman magnet. Di kanan kiri ada holder persis milik CB150R. Spionnya punya tangkai pendek mengingatkan pada CS-1.

Lampu utama sudah LED, namun sein masih bohlam biasa. Desain batoknya serbameruncing, di baliknya tersembunyi spidometer digital.

 
Panel indikator sudah digital dan dimensinya kompak banget. Paling atas ada deretan lampu sein, lampu peringatan overheat, beam, netral dan lampu mulfunction. Di bawahnya baru ada fuelmeter, takometer, spidometer, odometer dan posisi gigi

Bodi belakang sangat ramping termasuk lampu rem dan seinnya yang jadi satu dan meruncing. Tapi belum LED nih. Di atasnya ada behel aluminium yang enak digenggam. Bila depan pakai suspensi teleskopik khas ayam jago, belakang monosok konvensional dan tak bisa disetel.

Di balik jok bersemayam tangki berkapasitas 4 liter. Bagian depan jadi rumah filter udara. Pengecekan jadi mudah deh. Minusnya tak ada tempat penyimpanan barang.

Pelek desain Y yang sporti, depan lebar 1.85x17 dibalut ban IRC NR92 70/90-17 dan belakang 2.15x17 dengan ban 80/90-17, keduanya sudah tubeless. Pengereman keduanya sudah cakram, depan pakai piringan lebar. Untuk menjepitnya di kedua sisi pakai kaliper 1 piston.

Menariknya mesin yang diusung benar-benar baru, pakai konfigurasi bore x stroke square 57,3 x 57,8 mm. Mekanisme kem DOHC yang digunakan pakai roller rocker arm seperti CBR250R. Fitur yang disematkan pun menarik, seperti lampu LED dan spidometer digital.

Mesin baru, 149,16 cc DOHC 4 klep berpasokan bensin injeksi, berpendingin cairan dan pakai transmisi 6 percepatan. Punya tenaga maksimal 15,8 dk@9.000 rpm dan torsi 13,5 Nm@6.500 rpm

Pendinginan mesin pakai radiator, kabarnya gunakan jalur baru termasuk silindernya sehingga tak bisa pakai milik CB atau CBR lama. Tak seperti bebek Honda lainnya, Sonic 150R pakai sensor O2 yang dipasang di leher knalpot, bukan di kepala silinder lagi. Eh iya, kick starter tetap ada.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa