Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin dan Power Lebih Kecil, Akselerasi dan Konsumsi BBM Byson FI Lebih Baik

Jumat, 19 Juni 2015 | 10:00 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta – All New Yamaha Byson FI telah resmi dirilis pada Kamis (18/6). Byson FI memiliki kapasitas mesin yaitu 149 cc, lebih kecil dari Byson karburator yang 153 cc. Meski turun, bukan berarti performa mesin generasi terbaru Byson ini jadi turun juga.

Byson FI memiliki diameter piston 57,3 mm, sedangkan Byson karburator berdiameter 58 mm. Ini berarti piston Byson FI lebih kecil 0,7 mm lebih kecil dari Byson karburator.

Begitupun dengan power mesin yang dihasilkan. Byson FI memiliki tenaga maksimum 13,06 PS di 8.000 rpm dan torsi maksimum 12,98 Nm di 6.000 rpm. Ini lebih kecil dari Byson karburator yang memiliki tenaga maksimum 13,73 PS di 7.500 rpm dan torsi maksimum 13,6 Nm di 6.000 rpm.

Meski power dan torsi mesin yang dihasilkan Byson FI lebih kecil, bukan berarti motor ini lebih lambat. “Akselerasi Byson FI dari 0-400 meter lebih cepat 1 detik dari Byson lama, ini dikarenakan ada perubahan pada mesin dan power to weight ratio yang lebih baik,” jelas M. Abidin, GM Afterseales and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Power to weight ratio yang lebih baik tersebut didapat dari perubahan pada rangka, penggantian karburator jadi throttle body, dan perbedaan pada magnet yang membuat motor ini lebih ringan. Byson FI memiliki berat isi 133 kg sedangkan Byson karburator 137 kg, artinya Byson FI lebih ringan 4 kg dari Byson lama.

Problem-problem pada Byson karburator seperti mesin tersendat dan lainnya juga tidak ada lagi di Byson FI. Karena sudah mengusung injeksi pembakaran jauh lebih sempurna dan lebih irit BBM pastinya. (motor.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa