Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengen Moge Tiga Silinder Yamaha MT-09? Sabar Dulu!

Editor - Selasa, 24 Februari 2015 | 12:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bikers yang sudah menggebu ingin punya Yamaha MT 09 mesti sedikit bersabar buat bawa pulang motor bergenre naked bike ini. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ternyata belum memberikan sinyal akan kehadiran motor berkapasitas mesin 850cc ini dalam waktu dekat.

Padahal, saat gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2014 lalu, PT YIMM sempat memamerkan Yamaha MT-09 bersama dengan Yamaha WR250R yang sudah lebih dulu dipasarkan di Jakarta hari minggu lalu (22/2).  Bahkan saat itu, Yamaha juga sudah membuka keran inden untuk motor tiga silinder tersebut.

No caption
No credit
No caption


Saat ditanya perihal kapan munculnya motor yang kabarnya dibanderol Rp 250 jutaan tersebut, M. Abidin selaku GM After Sales & Motorsport PT. YIMM tidak terlalu banyak memberikan komentar. “Ya, sabar aja. Nanti juga kalau mau launching MT-09 pasti diberi tahu, intinya ya kita tunggu aja sama-sama,” tukasnya.

Motor ini bermodalkan mesin tiga silinder yang didalamnya tertanam teknologi dari Yamaha R1 “crossplane crankshaft". Dengan kombinasi gerakan piston ala Yamaha R1 Superbike, akselerasi mesin dari putaran mesin bawah hingga tengah semakin ganas. Mesin ini juga sudah menganut sistem injeksi ditunjang juga dengan transmisi 6 percepatan.

Dengan mesin terbarunya ini, Yamaha mengklaim MT 09 mampu menghasilkan tenaga 113,4 hp pada 10.000 rpm dengan torsi maksimum 87,4 Nm pada 8.500 rpm. Bandingkan dengan Yamaha FZ8 bermesin 779cc empat silinder segaris (kapasitas hampir sama), yang hanya mampu menyemburkan tenaga 104,7 hp pada 10.000 rpm dan torsi maksimal 82 Nm pada 8000 rpm. 



Yamaha MT 09 juga berbobot lebih ringan karena rangkanya terbuat dari CF aluminium die cast, sehingga membuatnya juga kokoh dan mampu menjaga keseimbangan dengan baik.Yang juga menarik, adalah dipasangnya knalpot 3-1 dengan peredam, sehingga menghasilkan suara yang tidak memekakkan telinga.

Di bagian depan, Yamaha MT 09 menggunakan garpu teleskopik dan setang sedikit melebar, sedangkan bagian belakang memakai monosok dengan lengan ayun asimetris. Untuk pengereman, dipasang cakram ganda 298 mm di depan, dan cakram tunggal 245 mm di belakang, juga tersedia pilihan ABS yang akan menambah bobot motor sekitar 3 kg.  (motor.otomotifnet.com)

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa