Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Roda Ring 13 Inci Yamaha NMAX, Rasa 14 Inci Ringan Ala 12 Inci

Dimas Pradopo - Selasa, 17 Februari 2015 | 17:27 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

13 inci tapi senyaman 14 inci dengan traksi yang lebih baik karena tapak lebar

Jakarta - Hadir di Indonesia dengan diameter roda yang tak biasa sudah beberapa kali dilakukan Yamaha. Ingat saat Nouvo rilis di Indonesia, rodanya 16 inci. Sedang Mio sang pelopor skutik di Indonesia pakai 14 inci.

Kini, lewat NMAX, Yamaha membawa lagi roda berdiameter aneh, 13 inci. Di Indonesia mungkin aneh, tapi Eropa sudah lebih dulu tenar. Jadi tenang saja, ban-ban impor pasti akan banyak masuk memenuhi kebutuhan pemilih NMAX hehe..

Tapi yang jadi pertanyaan, kenapa Yamaha merilis skutik dengan diameter roda 13 inci? Ternyata ada beberapa alasan. Yang pertama adalah untuk memberikan keleluasaan desain.

Seperti disampaikan Kenji Ootonbe, Desainer Yamaha NMAX 150 dari Yamaha Motor Co., Ltd. pada launching NMAX minggu lalu (10/2), dengan lingkar roda 13 inci Yamaha bisa mendapatkan ruang maksimal untuk menciptakan pijakan kaki yang lega dan memiliki dua posisi berkendara.

Skutik bermesin 155cc ini memang menawarkan kemudahan untuk memilih riding position-nya. Bisa bergaya active riding position dengan menempatkan kaki di bagian belakang pijakan kaki, atau cruiser riding position karena dek pijakan kaki yang luas memungkinkan kaki selonjor.

"Sedang untuk kenyamanan, saya sempat berbincang dengan tim RnD Yamaha NMAX dari Yamaha Motor Co., Ltd. Mereka menyebut ban 13 inci pada NMAX ini rasa 14 inci tapi ringan layaknya 12 inci," ungkap M Abidin GM Technical Service dan Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).


Secara tampilan juga membuat NMAX terlihat lebih padat

Rasa 14 inci maksudnya adalah tetap memiliki kenyamanan yang sama. Meski diameter pelek dan bannya 13 inci, namun aplikasi ban berukuran besar 110/70-13 di depan dan 130/70-13 di belakang membuat diameter luar roda hampir sama dengan roda berdiameter 14 inci.

Ban yang lebih tebal ini, pada akhirnya juga memiliki kemampuan meredam getaran dan jalan bergelombang yang lebih baik. Sedang untuk bermanuver, diameter 13 inci juga ringan layaknya roda berdiameter 12 inci.

Traksinya ke aspal, karena didukung pelek berukuran lebar 3 inci di depan dan 3,5 inci di belakang pun jadi lebih mengigit. Stabilitas yang disuarakan Yamaha, salah satunya diperoleh dari sini.

Jadi, sudah harus siap dengan roda lingkar 13 inci ya! (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa