Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengulik Sejarah Teknologi Blue Core, Idenya dari Setetes Bensin

Dimas Pradopo - Senin, 17 November 2014 | 15:23 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Teaser calon skutik baru Yamaha dengan teknologi Blue Core mulai ditampilkan. Di teaser tersebut, terlihat tiga elemen yang menjadi keunggulannya, yaitu Handal, Efisien dan Bertenaga. Yuk, kita kenali lebih jauh.

Takuya Kinoshita, GM SC Development Division Yamaha Motor Co. Ltd mengatakan jika filosofi Blue Core dikembangkan dari pemikiran jika setetes bensin dapat digunakan semaksimal mungkin dan dapat memberikan kegembiraan (Kando) saat berkendara.

"Ide Blue Core sudah dipersentasikan sejak management planning di bulan Februari 2010 silam. Rencananya di tahun 2015 sudah harus ada mesin yang ramah lingkungan, serta meningkatkan keiritan bahan bakar sebesar 50 persen dibanding dengan model tahun 2008," papar Takuya.

Untuk itu, pihaknya memikirkan bagaimana caranya mendesain produk tersebut dengan akurasi tertinggi. "Dengan kemampuan teknologi yang terpercaya secara global, Yamaha berkomitmen bahwa 'Fun & Eco' dapat tercapai bersamaan," ujarnya.

Lebih lanjut, nama Blue Core sendiri didapat dari kata 'Blue' yang menjadi identitas Yamaha baik di dunia balap dan global. Serta fun & excitement serta ramah lingkungan (Eco-Friendly).Serta digabungkan dengan kata 'Core' yang menjadi inti dari teknologi.

Bahkan dalam mendesain platform mesin baru ini, tim Yamaha Motor didukung oleh sekelompok insinyur dari divisi engineering, marine engine bussines dan 4wheel engine bussines.

"Pengembangan ini tidak bergantung pada alat saja, yang dijadikan konsep dasar adalah 'mesin' yang bagus. Artinya, saat pengembangan berlangsung, produk yang sudah jadi akan direview kembali dan direncanakan pengembangannya, testingnya (eksperimen), manufaktur, purchase (delivery) dan semua harus ikut berpartisipasi dalam pengembangan tersebut," jelasnya panjang lebar.

Hasilnya, Blue Core kini dijadikan platform untuk pasar global, yang mulai dipresentasikan pada tahun 2012. Dan mulai diaplikasikan pada model Nozza Grande di Vietnam dan Grand Filano di Thailand tahun ini.

"Kedepannya setelah tahun 2014, mesin Blue Core akan digunakan sebagai basic engine platform model commuter di pasar ASEAN," pungkasnya. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa