Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Juga Pernah Bikin Motor Kecil, Bobby Lahir 1976

Dimas Pradopo - Selasa, 28 Oktober 2014 | 13:58 WIB
No caption
No credit
No caption


Jepang - Motor berukuran kecil, Honda rasanya lebih tenar lewat varian Monkey, Dax atau yang terakhir MSX125. Meski begitu, bukan berarti pabrikan Jepang lainnya tak pernah 'nyemplung' ke segmen ini.

Salah satunya adalah Yamaha lewat varian Bobby yang dirilis pada tahun 1976. Nama Bobby sendiri punya arti 'bouncing around without a care' menggambarkan bentuknya yang kecil dan kompak.

Secara desain benar-benar minimalis, rangkanya monocoque yang sekaligus menjadi tempat menyimpan aki, tangki bahan bakar, tangki oli samping dan kabel-kabel kelistrikan.

Dimensinya sangat kecil dengan panjang hanya 1.570mm, lebar 670mm dan tinggi 965mm. Menungganganya dipastikan hampir jongkok karena tinggi joknya cuma 560mm. Secara bobot juga cukup ringan, cuma 72kg saja. Lebih enteng dari motor bebek yang banyak beredar di Tanah Air.

Urusan mesin, beda dengan Honda yang selalu menggunakan mesin 4-tak pada varian motor kecilnya. Yamaha justru menggunakan mesin 2 tak dengan kapasitas ruang bakar 49cc. Tenaganya hanya 3,7 dk dan torsi 4,4 Nm.

Cukup lah buat jalan-jalan sore. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa