Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enggan Langgar Regulasi, Yamaha tak Jual Komponen Mesin YZF-R3

Dimas Pradopo - Sabtu, 18 Oktober 2014 | 10:05 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Pengguna motor sport fairing Yamaha R25 di Indonesia boleh jadi kepincut dengan kembarannya yang dijual di Eropa dan Amerika, YZF-R3. Terutama dari sisi mesin yang lebih superior.

Pasalnya, dengan kapasitas mesin 321cc tenaga yang dimiliki YZF-R3 diklaim mencapai 42 dk. Padahal perbedaan keduanya hanya pada ukuran bore saja. Sehingga keduanya bisa saling subtitusi.

"Ya, perbedaan keduanya hanya dibagian ukuran bore saja. Dimana ukuran R25 hanya 60mm dan YZF-R3 mencapai 68mm. Sehingga untuk menaikkan volume mesin R25 bisa saja dengan subtitusi milik YZF-R3 secara plug and play," ungkap M. Abidin, GM Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada Jumat (17/10).

Meski demikian, Yamaha tidak serta merta melepas komponen tersebut sebagai opsional bagi pemilik R25 di Indonesia.

"Kalau kami jual sebagai perangkat aksesoris, sama saja Yamaha melegalkan bore up yang sebenarnya menyalahi aturan pencantuman kapasitas mesin di STNK," urainya.

Menurutnya, urusan bore up R25 diserahkan pada produsen komponen aftermarket. "Ah, kalau cuma bore up sih, orang Indonesia ahlinya. Lihat saja, sekarang parts racing R25 saja sudah bertebaran. Apalagi kalau angka ukuran bore-nya sudah diketahui, tinggal tunggu hitungan bulan sudah ada yang bikin kok," pungkasnya sembari tertawa. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa