Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mantap, Yamaha YZF-R3 Juga Hasil Produksi Indonesia!

Dimas Pradopo - Jumat, 17 Oktober 2014 | 14:39 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Hari ini (17/10) menjadi sejarah bagi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang secara resmi mengekspor produk mereka, R25 ke pasar global. Menariknya, di saat yang hampir bersamaan, Yamaha USA juga merilis kembaran R25 yang berjuluk YZF-R3. Apakah ada kaitannya?

"Ya, YZF-R3 yang dijual di Amerika dan Eropa juga akan diproduksi di Indonesia. Karena basisnya sama seperti R25. Hanya memiliki perbedaan di kapasitas mesin," jelas Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT YIMM.

Lebih lanjut, M. Abidin, GM Service and Motorsport PT YIMM menyatakan jika perbedaan mesinnya hanya pada bagian silinder saja. "Diameter bore YZF-R3 mencapai 68mm sedangkan R25 hanya 60mm sehingga volume ruang bakar YZF-R3 mencapai 321cc," ungkapnya.

Menurutnya, aplikasi mesin lebih besar untuk pasar Eropa dan Amerika dikarenakan speed control regulasi yang membolehkan motor masuk ke jalan tol.

"Untuk mengakali pembatasan kecepatan di sana, mereka butuh torsi besar, untuk mengejar akselerasi di jalan tol," jelas Abidin.

Lebih lanjut, sebagai produk global, standar yang diberlakukan juga tinggi. "Mesin sudah mengusung standar emisi Euro 3. Bahkan untuk manual book saja distandarisasi  American National Standard Institute (ANSI) dari Amerika," pungkasnya.


Di Amerika Serikat, motor ini rencananya dipasarkan dijual 4.990 US Dollar, atau setara Rp 60,9 juta. Ini artinya, lebih mahal ketimbang R25 yang dibanderol Rp 53 jutaan. Tentu dengan catatan, ini menggunakan perbandingan kurs perdolar Rp 12.240. Kalau harga dolar hanya Rp 10 ribu sih, masih murahan YZF-R3 bro.

Seperti diketahui, YZF-R3 disokong mesin berkapasitas 321cc dua silinder segaris berpendingin udara. Selain itu, ada pula kem DOHC dan transmisi 6-speed yang persis kepunyaan R25.

Bagian kaki-kakinya didukung suspensi depan 41mm dan monosok di belakang dari KYB. Ukuran ban mirip dengan R25, dimana bagian depan mengusung 110/70-17 dan belakang 140/70-17.

Motor Produksi Indonesia Sampai ke Amerika dan Eropa! (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa