Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ups, Mesin Honda Forza 125 Ternyata Mirip Vario 125 Bro!

Dimas Pradopo - Senin, 6 Oktober 2014 | 10:06 WIB

Eropa – Disela ajang Paris Motor Show 2014 pekan ini, Honda Eropa berkesempatan merilis skutik anyar mereka, Forza 125. Uniknya, saat ditelusuri lebih lanjut, mesin yang diusung Forza 125 terbilang mirip dengan skutik lokal Vario 125.

Kemiripan ini terkuak dari desain blok yang mirip, termasuk boks filter udara besar di sisi kiri dan radiator di kanan mesin.

Bukan hanya tampilan, dirilis dari Morebikes, angka dimensi bore x stroke mesin Forza 125 juga mirip Vario 125, yakni 52,4 x 57,9 mm bervolume bersih 124,8cc. Teknologi yang diusung juga sama, yakni aplikasi injeksi PGM-Fi, SOHC dan sistem rendah gesekan eSP.

Toh demikian, mesin keduanya tetap memiliki perbedaan, sesuai dengan regulasi dan kebutuhan pasar masing-masing. Diantaranya, angka perbandingan kompresi milik Forza 125 yang menunjukan 11,5:1 sementara Vario 125 hanya 11:1.

Hasilnya, keluaran tenaga keduanya menunjukan angka yang berbeda. Forza 125 diklaim mampu menyentuh tenaga 14 dk di 8.750 rpm dengan torsi 12Nm pada 8.250 rpm. Sedangkan Vario 125 hanya bertenaga 11,3 dk di 8.500 rpm dan 10,7 Nm pada 5.000 rpm.

Sebagai catatan, Forza 125 juga dibekali dengan kombinasi roda 15 inci di depan dan 14 inci di belakang ini telah mengaplikasi sistem rem cakram depan-belakang ber-ABS sebagai piranti standar.

Penampilannya pun, dirancang lebih sporty dengan aplikasi bodi serba tajam dan premium full LED lights. Lalu, di bagian tebeng juga dipasang windshield adjustableuntuk menahan terpaan angin bagi pengendara.

Rencananya Forza 125 akan memasuki pasar Eropa pada awal 2015 nanti dengan tiga pilihan warna kombinasi. Yakni, Matt Pearl Cool White dan Matt Pacific Blue, Pearl Nightstar Black dan Castagna Brown, serta Moondust Silver dan Matt Cynos Grey. (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa