Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rahasia Dapur Yamaha, Satu Platform Banyak Gaya Bikin Hemat!

Dimas Pradopo - Rabu, 24 September 2014 | 18:30 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Pengembangan sepeda motor Yamaha terus berlanjut.. Iya dong, harus dilakukan demi memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen setianya. Meski begitu, mengurangi biaya pengembangan produk dan produksi juga terus dipikirkan agar pemasukan pabrikan asal Jepang ini tetap tebal.

Bagaimana caranya? Ternyata, Yamaha kini fokus pada pengembangan produk dari satu paltform yang sama. Seperti dirilis Motorcycle, hal ini diungkapkan Yamaha Motor President, Hiroyuki Yanagi dalam presentasinya tentang operasional bisnis Yamaha. Ia menjelaskan jika pihaknya mengembangkan banyak model dari mesin dan rangka yang sama.

Yamaha mulai mengembangkan pasangan mesin dan rangka yang sama kemudian mengadaptasi platform tersebut ke fungsi dan gaya yang berbeda. Di Indonesia, cara ini sebenarnya sudah bisa dilihat pada skutik Yamaha Mio J, Mio G hingga Fino dan X-Ride yang sebenarnya menggunakan platform mesin dan rangka yang sama.

Di luar Negeri, Yamaha juga akan mengadopsi langkah ini pada motor-motor barunya seperti Yamaha MT-09 yang kemudian dikembangkan menjadi Sport Tracker dan Street Rally, keduanya menggunakan basis yang sama. Bukan tanpa kemungkinan jika dikemudian hari, Yamaha juga akan merilis R25 dalam bentuk naked bike atau desain lainnya. Tunggu saja!

Menurut pihak Yamaha, langkahnya ini dapat mereduksi biaya perusahaan hingga 40 persen pada tahun 2015. Strategi ini juga membantu Yamaha mengurangi jaringan suplayer komponen, dari 400 menjadi 195 saja.

Lebih hemat tapi tetap memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya! (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa