Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha YZF-R25 2014, Bergaya MotoGP

Dimas Pradopo - Rabu, 24 Juni 2015 | 15:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Order fairing baru ke dealer cukup lama, mending bikin bodi baru sendiri bertampang gabungan Yamaha R1 dan R6

Tangerang - Bila sering lewat atau bahkan menyambangi gerai Berkat Motor (BM), mungkin sudah tidak asing lagi dengan Yamaha YZF-R25 livery MotoGP ini. Yups, tunggangan berdapur pacu 250 cc ini, milik Rudy Gunawan yang tak lain empunya BM.

Sejarah tunggangan ini cukup menarik, karena berubah-ubah terus dari bentuk aslinya. Sebabnya kebanyakan part yang nempel pada besutan ini ditaksir dan laku ditebus oleh pelanggan. Gimana ceritanya tuh?

No caption
No credit
No caption

Upside down Showa sebagai pengganti up side down GSX R600. Batok lampu hasil kolaborasi R1 dan R6. Keren bro

“Awal datang dari dealer Agustus tahun lalu, kedua pelek langsung saya ganti dengan copotan Kawasaki ZX750 lebar 3,5 inci dan 5,5 inci biar tampil makin gambot. Sedangkan urusan bodi saya biarkan standar pabrik, cuma ada perubahan warna di beberapa bagian,” papar modifikator yang ngepos di Jl. Ciledug Raya, Kreo, Tangerang ini.

Dasarnya memang untuk display dan contoh modifikasi, ada saja pelanggan yang kepincut dan menebus peranti yang dipasang. “Karena harga cocok, mau enggak mau kedua pelek pindah ke R25 konsumen yang modif di sini,” ujar modifikator yang sudah lebih dari 15 tahun berkecimpung di dunia modifikasi motor.

No caption
No credit
No caption

Knalpot custom racikan BM bantu dongkrak performa sekaligus tampilan


Sebagai gantinya, kaki-kaki dirombak dengan copotan moge. “Bagian belakang comot swing arm Yamaha YZF-R1 dan pelek Hayabusa. Lalu sektor depan pakai upside down Suzuki GSX- R750 dan pelek Yamaha R1. Selain tampil makin sporti juga lebih gahar,” kekeh Rudy.

Namun hal tersebut enggak bertahan lama karena ada pelanggan R25 baru yang pengin dipasangin peranti tersebut di motor modifannya. Weleh weleh.. bongkar maning.. bongkar maning (bongkar lagi-bongkar lagi). “Ya gitu deh, demi kepuasan pelanggan,” ucap bapak 2 anak ini.

Tak lama kemudian, modifikator yang didampingi 3 personil ini memasang upside down Suzuki GSX- R600 dan swing arm Yamaha YZF-R6. Sedangkan kedua pelek comot dari Kawasaki ZX-6R berukuran 3,5 inci dan 5,5 inci.

No caption
No credit
No caption


Sayang, baru dipakai beberapa minggu, Rudy alami kecelakaan. Namun sektor kaki-kaki enggak ada yang rusak dan tetap dipertahankan. Cuma bagian batok lampu dan fairing yang rusak parah.

“Berhubung mau order fairing baru ke dealer cukup lama nunggunya, mending saya bikin bodi baru sendiri berbahan fiberglass. Fairing depan mesti satu set dengan kondom tangki biar matching. Sedangkan batok lampu kolaborasi antara tampang YZF-R1 dan YZF-R6,” ucapnya.

Enggak cuma sampai di situ bro. Karena hanya selang sekitar satu minggu rombakan rapi, eh ada pelanggan baru yang naksir upside down-nya. Alhasil Rudi harus merelakan peranti ini dicopot yang kemudian diganti dengan upside down labelan Showa.

Begitulah kisah di balik racikan R25 bergaya MotoGP ini. (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Kaki belakang makin kekar andalkan swing arm R6



Data Modifikasi
Upside down : Showa
Kaliper depan : Brembo Ducati 848
Master rem : Brembo Aprilia RSV1000
Spakbor depan : Kawasaki ZX6
Pelek : Kawasaki ZX6 (3,5 inci & 5,5 inci)
Swing arm : Yamaha YZF-R6
Monosok : Honda CBR400
Ban : Battlax S20 120/60-17 & 190/50-17
Lampu depan : Proyektor Toyota Rush
Fairing : Custom
Kondom tangki : Custom
Single sitter : Aftermarket
Cover gir depan : Aftermarket
Footstep : Aftermarket
Spion : Variasi
Knalpot : Custom by BM
Berkat Motor : 021-93517093 / 0818-08399777

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa