Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda New Mega Pro, Bore Up 197cc Pakai Piston Eliminator

Otomotifnet - Jumat, 27 Maret 2015 | 12:21 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sengaja bore up karena tenaganya agak ngoyo, maklum berat badan di atas rata-rata. Tapi sekarang  pergi ke kampus lebih cepat 20 menit

Jakarta - Tampang Honda New Mega Pro tunggangan Nur Fadhli ini memang standar pabrik. Namun urusan performa, besutan berdapur pacu 150 cc ini enggak kalah gahar dan kencang dibanding motor sport 200 cc maupun di atasnya.

No caption
No credit
No caption

Piston berdiameter 66 mm dan boring baru, jadi senjata dongkrak kapasitas mesin

Bisa begitu karena tunggangan berlambang sayap mengepak ini sudah bore-up hingga mendekati 200 cc. “Sengaja bore-up karena tenaganya agak ngoyo. Maklum berat badan saya di atas rata-rata, karena sudah mencapai 115 kg,” ucap warga Bekasi Timur, Jabar.

Pria yang akrab disapa Peppy ini bilang kalau dengan peningkatan mesin ini mampu memangkas waktu pergi ke kampus 20 menit. “Sebelum upgrade, perjalanan dari rumah ke kampus butuh waktu sekitar 1 jam 30 menit. Top speed mentok di 100 km/jam. Sekarang hanya butuh waktu sekitar 1 jam 10 menit.

No caption
No credit
No caption

Mengandalkan Karbu PE 28, asupan bensin makin optimal

Top speed bisa tembus 120 km/jam,” papar mahasiswa Teknik Mesin Trisakti, Grogol, Jakbar ini. Sedangkan urusan oprek mesin, mahasiswa semester 6 ini mempercayakan Kenz Motor (KM) untuk menggarapnya.

“Sesuai order Peppy, biar tenaga terdongkrak saya menjejalkan piston Eliminator (Kawasaki) berdiameter 66 mm (standarnya 57,3 mm) beserta boring baru. Stroke tetap standar pabrik 57,8 mm. Volume ruang bakar menjadi 197,6 cc. Perbandingan kompresinya 11,5 : 1,” beber Muhammad Supriyadi, makanik KM.

No caption
No credit
No caption

CDI Cheetah Power diandalkan mampu geser limiter lebih tinggi
Pebengkel di Jl. Kebon Raya, Duri Kepa, Jakbar ini bilang biar buka tutup klep lebih cepat, noken as standarnya di-custom. Durasinya menjadi 280 derajat. “Agar asupan bensin lebih optimal sesuai dengan penambahan volume ruang bakar, karburator pakai Keihin PE 28 dengan paduan spuyer 42/125.

Otak pengapian pakai keluaran Cheetah Power,” imbuh mekanik akrab disapa Choky. Kalau diperhatikan secara detail, ubahannya memang enggak begitu ekstrem. Tapi Peppy bilang hal ini sudah lebih dari apa yang diinginkan. “Bagi saya ubahan seperti ini sudah cukup, pasalnya hanya dengan dana sekitar Rp 4 jutaan, performa sudah meningkat cukup signifikan.

Yang penting tampang tetap standar biar saru, tapi tenaga gahar,” kekeh pria usia 20 tahun. Siap siap.. • (otomotifnet.com)


Tampangnya masih standar, namun knalpot ini sudah dicustom biar bantu dongkrak performa

Data Modifikasi:
Piston : Eliminator (66mm)
Noken as : Custom (280 derajat)
CDI : Cheetah Power
Cylinder head : Porting polish
Karbuartor : Keihin PE 28
Knalpot : Standar custom
Pengerjaan : 3 hari
Estimasi biaya : Rp 4 jutaan
Kenz Motor : 0813-86179599



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa