Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha Byson 2013, Bore Up 250c Akibat Demam Fun Race

Otomotifnet - Jumat, 6 Februari 2015 | 15:30 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Fun race menarik karena peserta tidak wajib pakai KIS (Kartu Izin Start). Lalu untuk korekan motor, enggak banyak aturan dan batasan regulasi


Jakarta
- Suka motor kenceng tapi belum pernah mencicipi sirkuit Sentul, Bogor, Jabar? Bagi Wehan, kurang afdol kalau hal tersebut belum dilakoni. Apalagi beberapa tahun terakhir, lagi marak acara fun race yang digelar oleh beberapa penyelenggara di trek tersebut.

No caption
No credit
No caption

Stroke up 3 mm bikin langkah lebih optimal

“Salah satu yang bikin menarik balap ini adalah peserta tidak wajib pakai KIS (Kartu Izin Start). Lalu untuk korekan motor, juga tidak dibatasi. Dari yang awalnya saya cuma nonton, lama-lama iseng pengin coba dan tertular demam fun race,” beber warga Kuningan, Jaksel.

No caption
No credit
No caption

Piston diameter 70 mm agar mesin buncit jadi 250 cc

Kemudian untuk menyalurkan andrenalin dan hobi ngebutnya, pria usia 25 tahun ini menggiring Yamaha Byson lansiran 2013 kesayangannya ke Kenz Motor (KM) untuk di upgrade.

“Saya sengaja langsug order bore up 250 cc, selain sudah banyak yang aplikasi biar buat harian makin enak dan dipakai nyentul juga mumpuni,” ucap pria yang gawe di daerah Casablanca, Kuningan, Jaksel.

No caption
No credit
No caption

Karburator Keihin PWK 28 dipercaya mampu otimalkan suplai bensin ke ruang bakar

Tahu keinginan pelanggang, Muhammad Supriyadi, makanik KM yang sudah biasa mengilik mesin Byson, menjejalkan piston berdiameter 70 mm ke blok silindernya.

“Agar mesin bisa mendekati 250 cc, stroke up 3 mm (total 6 mm). Langkahnya kini menjadi 64 mm (standar 58 mm) dan volume ruang bakarnya menjadi 246 cc. Kompresinya 11,5 : 1,” papar mekanik akrab disapa Choky.

No caption
No credit
No caption

Mengandalkan CDI BRT Dual Band, membantu pengapian dan pembakaran lebih maksimal

Agar isapan bensin serta pembuangan makin lancar, Choky mengandalkan klep dengan diameter payung lebar, yakni 33/28. “Torsi juga makin nendang setelah noken as standarnya saya custom dengan durasi 280 derajat,” ucap pebengkel di Jl. Kebon Raya No.97, Duri Kepa, Jakbar.


Tenaga makin gahar dibantu penerus gas buang berlabel WRX. Blarr..blarr..blarr...

Lalu untuk optimalkan suplai bensin ke ruang bakar yang sudah membengkak, Choky mengandalkan karburator Keihin PWK 28 dengan paduan spuyer (130/42). Kemudian otak pengapian mengandalkan CDI BRT Power Max dipadu koil Yamaha YZ 125. Sedangkan untuk memperlancar gas buang dipercayakan knalpot WRX.

“Bisa buat harian, turing maupun ke Sentul tinggal gas,” kekeh Wehan. • (otomotifnet.com)

Data Modifikasi
Piston : LHK (70mm)
Klep : GL Racing (33/28)
Noken as : Custom (280 derajat)
CDI : BRT Dual Band
Koil : YZ 125
Karbuartor : PWK 28
Knalpot : WRX
Pengerjaan : 1 minggu
Estimasi biaya : Rp 8 jutaan
Kenz Motor : 0813-86179599


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa