Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha X-Ride Drag Bike, Pertama dari Ultraspeed

Dimas Pradopo - Selasa, 30 Desember 2014 | 16:41 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tim Ultraspeed Racing mengubah sasis X-Ride yang sejatinya untuk dual purpose menjadi siap tempur di drag skutik nasional

Jakarta - Balap lempeng 201 meter, bakalan terima penantang baru di kelas 150 cc. Satu unit Yamaha X-Ride, kini sedang dipersiapkan serius untuk berlaga di drag skutik nasional.

Keseriusan itu terlihat dari cara tim mekanik Ultraspeed Racing (USR), mengubah sasis X-Ride standar jadi siap tempur. “Sub frame-nya dibabat habis dan ganti dengan desain yang sesuai untuk drag skutik,” kata Muktar Yusuf, mekanik workshop yang berlokasi di Jl Panjang, Kebon Jeruk, Jakbar.

No caption
No credit
No caption

Manifold model downdraft aliran bahan bakar lebih lancar

Kelar dipotong lalu disambung lagi dengan desain baru, bagian rangka tersebut enggak dibiarkan saja. Agar kelihatan lebih rapi, maka rangka baru tersebut dicat kombinasi kelir merah dan putih.

Bagaimana bagian mesin? Untuk meng-upgade kapasitas mesin dari 110 cc ke 150, tim USR pakai sistem plug and play. Artinya cukup menggunakan paketan bore-up yang sudah ada dan kemudian baru beberapa bagian disesuaikan dengan keinginan.

No caption
No credit
No caption

ECU aRAcer Speedtek RC1 impor dari Taiwan

“Seperti bagian piston yang menggunakan barang impor dari Thailand dengan spesifikasi high dome. Diameter piston 58 mm, pas dengan kapasitas mesin yang diinginkan,” terang mekanik yang akrab disapa Uthe ini.

Oprek skutik mesin 4 tak, enggak berhenti sampai silinder blok. Klep di kepala silinder juga perlu diutak-atik, agar pasokan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan dan tentunya itu juga dilakukan pada bagian klep buang sisa pembakaran.

No caption
No credit
No caption

Tangki bahan bakar, dimodifikasi khusus untuk skutik injeksi. Koil Ultraspeed membantu mendongkrak pengapian

“Untuk mendukung kapasitas mesin yang sudah 150 cc, maka klep in dipasang yang diameter 30 mm dan ex 25 mm,” kata Uthe.

Pemasok bahan bakar menggunakan throttle body bawaan Xeon yang dimodifikasi. Dari ukuran yang standarnya 28 mm kemudian di-reamer menjadi 29,5 mm.

No caption
No credit
No caption

Knalpot WRX andalan tim USR

Selain itu, untuk keperluan balap, ECU standar diminta untuk pensiun dini. Di bagian ini ECU aftermarket berlabel aRacer Speedtek RC 1 yang jadi andalan. (otomotifnet.com)


Data Modifikasi
Knalpot : WRX
ECU : aRacer Speedtek RC1
Injektor : SRP
Manifold : Modifikasi by USR
Sok : YSS
Koil : Ultraspeed
Pully : SKP & Kawahara
Bearing : Faito
Biaya : Rp 20 jutaan
Modifikasi : Ultraspeed Racing

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa