Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda CB150 Streetfire Gaya Militer, Siap Blusukan

Dimas Pradopo - Selasa, 9 Desember 2014 | 12:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Terinspirasi pasukan khusus militer negara-negara tetangga seperti; Australia, Amerika, Perancis, Inggris dan Thailand yang mengandalkan motor untuk bertugas di Urban Mission, Honda CB150 Streetfire (SF) lansiran 2013 ini dirombak ala tunggangan tersebut.

“Motor yang juga mengilhami saya adalah KTM LC400 Mil Spec milik pasukan infantry long patrol Swedia untuk blusukan di misi urban warfare. Kebetulan sasis teralis CB150 SF mirip khas KTM LC400 Mil Spec dan motor-motor Mil Spec punya US Army Ranger.Konsep motornya utilitas dengan cc kecil yang powerfull, irit tapi lincah sesuai dengan karakter prajurit TNI.

No caption
No credit
No caption

Sedangkan soal part bisa memanfaatkan beberapa limbah seperti boks bekas peluru Pindad. “Selain menekan cost produksi, sekalian memanfaatkan barang bekas yang ada.

“Sebenarnya bore-up tidak wajib, karena komponen utamanya antara lain; side box Pindad, engine crase cage, braket box dan hand guard yang dihasilkan oleh kreatifitas teman-teman HSR (Honda Stunt Riders),” ucap Senaponda, owner motor tersebut.

Namun agar tunggangan berdapur pacu 150 cc yang ditunggangi Rahma Salim ini mumpuni diajak blusukan, sektor mesin di-upgrade. “Dapur pacu digedein menjadi 161 cc mengandalkan piston forged dengan diameter 66 mm, klep titanium, kampas kopling kevlar, per klep dan per kopling CLD. Perbandingan kompresinya 1:11,8,” tukas Joko, penggawang Sinergi Motor yang dipercaya colek sektor mesin.

No caption
No credit
No caption

Tujuan mengandalkan part hi-tech ini agar usia pakai bisa lebih lama dan bandel. “Hal ini juga sesuai dengan konsep utama saya, yakni hi-realibility and low cost maintenance & operational. Modif tampilan sekitar Rp 3,5 juta sedangkan upgrade mesin Rp 3 jutaan,” kekeh Senaponda.Mantap! •(otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption



Data modifikasi
Box : Bekas kotak peluru PINDAD
Engine crase cage : Custom
Cat doff army : Bintang Semprat Semprot
Stunt kits accessories : HSR
Piston : 66mm
Klep : Titanium (26,5/23)
Per klep : CLD
Knalpot : X-Doctor
Gir : Sinnob 55
Kampas kopling : Kevlar CLD
Ban : FDR 250 R17 & 275 11R17
Estimasi biaya : Rp 6,5 jutaan
Sinergi Motor : 0813-14666866

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa