Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda All New CBR150R, Kejar Tayang Demi Marquez

Dimas Pradopo - Kamis, 27 November 2014 | 11:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Enggak pandang motor baru maupun lawas, Senaponda, punggawa HRS (Honda Stunt Riders) rela mengorbankan Honda All New CBR150R yang baru saja ditebusnya. Tujuannya dipakai untuk aksi freestyle, saat gelaran Honda Meet and Greet bersama Marc Marquez dan Dani Pedrosa di sirkuit Sentul, Bogor, Jabar beberapa waktu lalu.

“Motor turun dari dealer hari Kamis sore sekitar jam 3-an, langsung kita oprek sampai malam. Soalnya Jum’at bengkel libur, Sabtu harus sudah bisa dipakai beraksi dalam acara tersebut. Intinya kejar tayang semalam suntuk demi memuaskan penonton,” papar Sena.

No caption
No credit
No caption

Untungnya mesin All New CBR150R sama persis Honda CB150. Jadi riset dan pengerjaannya cepat demi show off di depan Marc Marquez. Buka tutup klep juga optimal pakai ukuran 26,5 mm dan 23 mm. Performa makin garang aplikasi piston diameter 66 mm.

Nah agar tunggangan berdapur pacu 150 cc yang ditunggangi Capunx ini mumpuni diajak beraksi, sektor mesin di-upgrade. “Agar power-nya lebih optimal, mesin digedein menjadi 161 cc mengandalkan piston Honda CBR 600 dengan diameter 66 mm. Perbandingan kompresinya 11,8 : 1,” tukas Joko, penggawang HSR Sinergi Motor.

Lalu biar torsinya juga lebih nendang sehingga mudah diajak wheelie maupun stoppie, pebengkel yang akrab disapa Pakdhe ini meng-custom noken as standarnya. “Buka tutup klep juga lebih optimal mengandalkan klep titanium copotan CBR600 dengan diameter in 26,5 mm dan ex 23 mm,” ujar pebengkel di Jl. M Yusuf, Depok II Tengah, Depok, Jabar ini.

No caption
No credit
No caption

Kalau diperhatikan, oprekan mesin cukup banyak. Mungkin yang menjadi pertanyaan, kenapa bisa digarap begitu cepat? Ternyata Sena mempersiapkan racing parts-nya terlebih dulu, sebelum tebus motornya.“Sebenarnya sebelum boyong All New CBR150R ini, saya sudah mempersiapkan beberapa racing part yang akan dipasang.
No caption
No credit
No caption

Knalpot free flow X-Doctor juga bantu optimalkan performa

Pasalnya mesin All New CBR150R sama persis Honda CB150. Sedangkan beberapa waktu lalu, kita sudah pernah oprek dan riset untuk CB150. Jadi setelah part siap semua dan motor ada, tinggal diaplikasi,” papar Sena.Sedangkan untuk mendukung All New CBR150R makin lincah diajak beraksi, beberapa peranti pendukung juga diandalkan, di antaranya mengadopsi ban FDR

Blaze, gir Sinnob, knalpot model free flow merek X-Doctor dan sok depan di-setting ulang biar tidak terlalu empuk. • (otomotifnet.com)


Data Modifikasi
Piston : Honda CBR600 (66mm)
Noken as : custom
Klep : Titanium (26,5/23)
Kompresi : 1:11
ECU : Rextor RS1
Koil : Ultraspeed
Per klep : CLD
Kampas Kopling : AHRS
Knalpot : X-Doctor
Gir : Sinnob 55
Rantai : SSS 428H
Ban : FDR Blaze 110/70-17 & 130/70-17
Pengerjaan : ½ hari
Engine crash bar : Ngatno Custom
Estimasi ubahan mesin : Rp 7,5 jutaan
Sinergi Motor : 0813-14666866

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa