Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda Vario 125 Ketum HV125, Bore Up Siap Turing

Dimas Pradopo - Rabu, 12 November 2014 | 11:01 WIB
Modif Honda Vario Ketum HV125
Dok. OTOMOTIFNET
Modif Honda Vario Ketum HV125

Modif Honda Vario Ketum HV125
Dok. OTOMOTIFNET
Modif Honda Vario Ketum HV125

“Tarikan enak dalam maupun luar kota dengan sedikit upgrade performa dan aplikasi boks biar riding enak."

Jakarta - Suka berpergian jauh alias turing dengan Honda Vario 125FI? Meski bukan jenis motor khusus untuk turing, namun skutik juga kerap digunakan, terlebih bersama teman-teman klub atau komunitas.
Modif Honda Vario Ketum HV125
Dok. OTOMOTIFNET
Modif Honda Vario Ketum HV125

Perjalanan di malam hari tetap terang dengan lampu proyektor
Seperti Eko Pangsit, ketum (ketua umum) klub Honda Vario 125 (HV125) Jakarta. Sebagai komandan, ia sering melakukan turing bersama anggotanya. Nah, seperti apa sih tunggangan dan bagaimana panduan modifnya biar enggak lelet dan nyaman dikendarai.

CUKUP BORE-UP
Yang pertama dilakukannya supaya motornya masih enak dipakai turing juga harian adalah upgrade performa mesin. “Untuk performa Vario 125 cukup bore-up dengan diameter seher 58,5 mm. Karena ukuran itu masih cukup aman buat turing jauh maupun dipakai dalam kota. Malahan, ukuran piston itu gak terlalu banyak mengaplikasika part racing lain,” buka Eko.

Modif Honda Vario Ketum HV125
Dok. OTOMOTIFNET
Modif Honda Vario Ketum HV125

Saluran gas buang, cukup membuang sekat belakang di silincer knalpot. suara tetap adem, bro!
Perubahan kapasitas mesin itu juga diimbangi dengan peranti pendukungnya. Besarnya ruang bakar butuh asupan bensin yang deras. Maka, semburan injector punya Honda PCX 150 sudah cukup mumpuni. Pengaturan di kepala silinder bahan bakar masuk dan keluar diatur noken as custom bikinan bengkel NZ Racing daerah Ciledug Indah 2, Tangerang, Banten.

“Kalo ukuran durasi noken as gak hafal, pokoknya bikin untuk harian dan turing. Koil masih standar pabrik, tapi ditambahkan peranti aftermarket, koil booster,” papar Pangsit, panggilan akrabnya.

Agar selama perjalanan aman dari Polisi akibat suara yang ngebas alias knalpot racing, pria yang bermukim di Depok, Jabar ini lebih menyukai pakai saluran gas buang standar. Dengan itu, peranti tersebut hanya membuang sekat di belakang silencer knalpot. Sehingga suara tetap adem, tarikan gahar.

Modif Honda Vario Ketum HV125
Dok. OTOMOTIFNET
Modif Honda Vario Ketum HV125
Kalau suspensi piye? “Sokbreker depan cukup tambah oli sok 30 cc, dan belakang ganti produk YSS tipe Z-series. Karena gak ada ukuran yang tinggi, jadi ada penambahan mounting sok kepunyaan Honda Tiger,” sarannya.

Yang sering turing, jangan membawa barang berlebihan, karena bisa membuat riding jadi enggak nyaman. Solusinya bisa memasang komponen penyimpanan, yaitu boks.

Modif Honda Vario Ketum HV125
Dok. OTOMOTIFNET
Modif Honda Vario Ketum HV125
Tersedia berbagai merek dengan harga yang bervariasi, dari Rp 450 ribuan sampai jutaan Rupiah. Makanya, menebusnya sesuaikan dana yang ada. Brand-nya Givi, Kappa, Shad dan lainnya.

“Gue pake Givi E45, kapasitasnya 45 liter, terdapat stoplamp dan bisa menaruh berbagai macam barang bawaan. Dari baju, sepatu, jas hujan, dan toolkit. Karena masih pakai harian, gue gak pasang sidebox,” ujar pria yang kerap melakukan turing jauh ini.

Melakukan perjalanan jauh di malam hari, butuh penerangan yang terang. Bisa menggantikan headlamp standar dengan lampu projector. Namun, besar daya komponen tersebut juga jangan terlalu besar, cukup pakai ballast 55 Watt. “Itu lebih dari cukup dan enggak membahayakan pengendara lain,” tutup Pangsit yang menghabiskan dana sekitar Rp 8 jutaan.

Okay, bro! (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa