Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi New Honda CBR150R, Cuma Ganti Ban, Knalpot dan ECU Langsung Balap!

Dimas Pradopo - Selasa, 9 September 2014 | 17:38 WIB
Modifikasi Honda CBR150R AM Fadly
Dok. Otomotifnet
Modifikasi Honda CBR150R AM Fadly

Modifikasi Honda CBR150R AM Fadly
Dok. Otomotifnet
Jakarta - Baru launching, New Honda CBR150R langsung turun balap di Honda Racing Championship seri Jakarta.
 
Seperti diulas sebelumnya , AM Fadli pembalap 14 tahun binaan PT Astra Honda Motor (AHM) jadi juaranya. Yang menarik adalah, semua motor yang turun di balap eksibisi ini punya spesifikasi seragam.

Bahkan rencananya, motor ini akan diproyeksikan untuk menggantikan CB150R dalam one make race sport 150cc mulai tahun depan. "Makanya spesifikasinya juga mirip CB150R yang sudah kita balapkan. Tidak terlalu banyak yang berubah," ungkap Sugeng Budiarto, dari Divisi Racing PT Astra Honda Motor.

 
"Cuma ganti knalpot sama ECU saja," sambungnya. Knalpot yang dimaksud adalah keluaran WRX, untuk mengimbangi saluran gas buang yang sudah lebih plong, suplai bahan bakar ditambah lewat aplikasi Electronic Control Unit (ECU) yang sudah full programmable.

ECU yang dipakai adalah Aracer. "Tipe yang dipakai RC1 merupakan ECU standalone dengan spek full programmable," beber Freddy A. Gautama dari Ultraspeed Racing yang memasarkan dan membantu melakukan seting ECU aRacer ini.

Modifikasi Honda CBR150R AM Fadly
Dok. Otomotifnet
Modifikasi Honda CBR150R AM Fadly
"Kalau di CB150R yang dipakai one make race Honda, kombinasi knalpot racing dan ECU saja bisa naik 4 dk," jelasnya. Sayang pada oprekan New CBR150R belum diukur peningkatan powernya karena keterbatasan waktu.
 
Ubahan lain sebatas pada safety untuk balap. Ban misalnya, pakai FDR Blaze dengan ukuran sama seperti standar. "Gripnya enak, tapi pas nikung kaya habis. Sepertinya kurang lebar nih," ungkap Owi Nurhuda, pembalap asal Honda Oei Kukar KYT yang jadi juara kedua di one make race New CBR150R minggu lalu (7/9).
Modifikasi Honda CBR150R AM Fadly
Dok. Otomotifnet
Modifikasi Honda CBR150R AM Fadly
Footstep racing yang lebih tinggi sengaja dipasang agar tak nyangkut. Rem depan juga ditambah pengaman dan telah melepas semua perangkat lalu lintas. Mulai dari lampu, spion hingga sepatbor belakang. Lucunya, bracket plat nomor depan belum di lepas tuh hehee..

Sedang suspensi masih perawan ting..ting.. Sokbraker depan dan belakang belum diotak-atik, begitu juga dengan area kemudi. Setang masing standar lengkap dengan panel indikator yang juga bawaan pabrik. Hasilnya gimana?

Modifikasi Honda CBR150R AM Fadly
Dok. Otomotifnet
Modifikasi Honda CBR150R AM Fadly
"Cara bawanya hampir mirip dengan underbone di sirkuit dadakan seperti Kemayoran," buka AM Fadli, pembalap 14 tahun asal Honda ASP Racing Team. "Awalnya bingung juga suruh bawa motor sport di trek dadakan khusus underbone, saya belum punya bekal sama sekali. Ternyata lincah, putar balik bisa diperlakukan seperti naik underbone aja," ungkap Wawan Hermawan, pembalap dari tim Astra Motor Racing Team.

"Tapi di sini (sirkuit Kemayoran) enggak bisa memaksimalkan power karena treknya pendek, tapi torsinya cukup kuat. Keluar tikungannya responsif," sambung Wawan yang sukses finish podium meski start dari grid belakang. (motor.otomotifnet.com)

Data Modifikasi

Ban Depan : FDR Blaze 100/70-17
Ban Belakang : FDR Blaze 130/70-17
Knalpot : WRX
ECU: Aracer RC1
Footstep: Oei Racing

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa