Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda Tiger, Harus Bisa Untuk Harian

Dimas Pradopo - Sabtu, 13 September 2014 | 11:47 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Bagi Aditya Pramono warga Bekasi, Jabar, amanat dari kakaknya yang bernama Panji harus dijalankan. Meski tugas yang diberikan lumayan ribet, tetap permintaannya harus selesai demi kakak tercintanya yang juga seorang dokter.

"Kakak gue minta Honda Tigernya dimodif. Penentuan temanya, saya awalnya masih bingung. Sebab, semua diserahkan ke saya mau diubah ke bentuk apa saja, asalkan masih layak untuk dipakai sehari-hari. Itu yang bikin saya lumayan lama mikirnya," kekehnya.

No caption
No credit
No caption

Seputaran kemudi terlihat makin ciamik berkat sok aftermarket

Beruntung Adit punya kenalan bengkel Black Stallion, jadi pemilihan tema lebih mudah. Aliran yang dipilih juga sedang tren saat ini, tampilan motor sport membuat si ‘Tigi ‘ jadi lebih berotot, terutama di bagian kaki-kaki.

"Obat untuk kecungkringannya, lengan ayun berikut pelek comot dari limbah moge, sisanya tinggal main bodi. Full fairing juga ikut andil dalam pembentukan karakter," jawab Syah Razad, owner Black Stallion (BS).

No caption
No credit
No caption

Lengan ayun Honda CBR 600 menambah kekar kaki

Eksekusi awal difokuskan pada kaki depan. Karena sok bawaan kurang besar, terpaksa menyesuaikan ukuran bodi yang bakalan dikenakan. Makanya Om Acak, panggilan Syah Razad coba mengawinkan dengan sok upside down aftermarket sampai segitiga atas bawah.

"Kebetulan ada sok aftermarket yang berdiameter besar dari standarnya. Hanya perubahan di batang as di sok upside down disesuaikan ke lubang komstir bawaan motor," ujar pria ngepos di Jln. Pulogadung 4, Pekayon, Bekasi Selatan.

Bagian belakang, karena lengan ayun aslinya terlihat kaku dan mengotak, maka diganti pula dengan satu paket berikut monosok dari Honda CBR 600 karena bentuknya yang lebih ke arah aerodinamis.


Knalpot racing bikin tenaga ikut terdongkrak

Setelah kelar di bagian kaki-kaki, titik perombakan lainnya tertuju pada bodi. Semua bodi yang menyangkut di rangka langsung ditelanjangi dan hanya tersisa tangki BBM. Tujuannya sudah pasti ingin mengubah tampilan secara menyeluruh.

"Seluruh bodi luar hasil limbah Honda CBR 600. Mulai dari depan hingga belakang, kecuali jok dibikin ulang. Supaya bodi terpasang di rangka Tigi kuat, kita buatkan lagi braket tambahan sebagai penyanggah," ungkapnya sambil menutup pembicaraan.  (motor.otomotifnet.com) 

DATA MODIFIKASI :
Ban depan : Bridgestone Battlax 120/60-17
Ban belakang: Bridgestone Battlax 190/50-17
Pelek dpn-blkg: Honda CBR 600
Bodi : Honda CBR 600
Footstep: Aftermarket
Handgrip: Kitaco
Spion: Custom BS
Handle rem: Custom BS
Knalpot: Yoshimura
CDI: BRT
Koil: Blue Thunder
Estimasi Harga: Rp 30 juta
BS: 021-9341-8515/0821-2523-5629


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa