Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha RX 100 Tahun 1977 Cafe Racer, Pilih Yang Instant

Dimas Pradopo - Kamis, 4 September 2014 | 12:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sekarang jamannya serba instant, tidak terkecuali urusan modifikasi motor. Hal ini juga yang menjadi motivasi Nino Pramono, dedengkot NIN*ROCKSTA menciptakan sebuah karya yang tidak hanya enak dilihat tapi juga pas bagi para 'custom freak' Jakarta yang terbiasa dengan era instant.

“Kita buat motor ini untuk menjawab keinginan konsumen yang tidak mau lama dalam membangun motor alias mau yang instant. Dan saya juga bosan lihat cafe racer 4 tak.” tukas pria yang punya bengkel di bilangan Jakarta Barat ini. Makanya konsep cafe racer yang simpel jadi pilihan.

Konsep yang diusung juga OLD SCHOOL caferacer, ala cafe racer tahun 60-70an. Konsepnya cafe racer tapi kok tidak pake buntut hornet yang notabennya ciri khas cafe racer? Wah, setidaknya menghemat waktu pengerjaan karena tak perlu repot bikin buntut ala lebah ini.

No caption
No credit
No caption

Nah, ada penjelasan sedikit tentang konsep cafe racer itu sendiri. "Awal menjamurnya virus care racer tidak pakai buntut hornet atau buntut tawon. Karena pada era tersebut motor-motor cafe racer lebih banyak dipakai untuk adu kebut dari cafe ke cafe. Sedangkan buntut tawon itu sendiri muncul di era grand prix yang digunakan sebagai penunjang aerodinamika motor dan sebagai pemanis tentunya," beber Nino.

Untuk ubahannya, Nino mengubah tangki jadi lebih panjang 65 cm. Agar lebih minimalis layaknya pacuan cafe racer, rangka belakang dipotong, disambung pipa berbentuk U. Jok custom juga dipasang, bentukny simpel hanya lurus. Sekilas malah mirip pacuan street tracker.


Cover lampu depan diracik dari plat galvanis yang dibuat ala number plate namun tetap dipasangi lampu, maklum untuk harian. Makin serasi dengan number plate di kedua sisi samping motor ini semakin memperkuat citra motor balap jaman dulu.

Swing arm asli yang berbentuk pipa bulat masih terpasang guna mempertahankan aura old school-nya. Dan supaya kesan motor balap makin terlihat, penambahan stang jepit drag Thailand 15 derajat dan knalpot kolong dari AHM Malaysia pun dilakukan.

Simpel kan, gak perlu menunggu lama untuk modifikasi seperti ini! (motor.otomotifnet.com)

Data Modifikasi

Pelek depan : DID 2.15 / 17
Pelek belakang : DID 2.50 / 17
Ban depan : s212 400-17
Ban belakang: s212 400-17
Selang rem : TDR
Footstep : Underbone Arachnid
Knalpot : 3V3 by AHM
Shock Depan : Yamaha RX 100
Swingarm : Original
Lampu depan : Kustom mobil
Segitiga depan : Original
Stang : jepit 15 derajat
Tangki : kustom
Body : Kustom
Jok : Kustom
Gear Set : DID
Cat: Sikkens
Handgrip : variasi
Shok Belakang : Variasi
NIN*ROCKSTA : 081219784277


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa