Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha Scorpio Z, Super Street Bike From Purwokerto

Dimas Pradopo - Senin, 18 Agustus 2014 | 11:22 WIB
No caption
No credit
No caption

Street fighter campur drag, jadilah super street bike

Purwokerto dan sekitarnya terkenal sebagai daerah yang dipenuhi dengan modifikasi street fighter ekstrem. Ciri khasnya pakai kaki-kaki kekar limbah moge dan bodi ekstrem, biasanya tanpa buntut dan setang baplang.

Tapi ada kalanya penganut aliran street fighter bosan, contoh Dimas Priyo Hutomo pemilik Scorpio Z 2010 ini, yang sengaja mengubah aliran tapi tetap ada ciri street fighter. “Bosan mas, makanya bikin yang beda, ini jadi ada nuansa drag, jadinya super street bike,” ujarnya.

Yamaha Scorpio streetbike Purwokerto
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio streetbike Purwokerto

Lampu berkesan garang dengan batok serba tajam
Wah street fighter campur drag dong? Ternyata benar. Nuansa drag bike terlihat jelas dari lengan ayun baru yang dipasang. “Biar seperti motor drag pakai lengan ayun panjang,” lanjut Dimas. Tujuannya, dengan wheelbase panjang kemungkinan wheelie jadi berkurang.

Yamaha Scorpio streetbike Purwokerto
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio streetbike Purwokerto

Itu Joker apa Einstein ya?

Lengan ayun yang dipakai ternyata custom, “Bikin pakai besi kotak ukuran 6 x 3 cm,” kata Suripto atau yang biasa disapa Kang Ripto dari Ripto Custom Bike (RCB). Nah yang ekstrem adalah panjangnya, mencapai 85 cm! Makanya jarak sumbu roda jadi melar, nuansa drag bike jadi kental.

Yamaha Scorpio streetbike Purwokerto
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio streetbike Purwokerto

Tangki dikasih jendela pengintip, tak perlu fuelmeter lagi

Memperkuat kesan drag, setang model jepit yang menempel di upside down limbah Suzuki GSX-R600 dipasang rendah. Sehingga pengendara jadi merunduk maksimal untuk mengurangi kemungkinan roda depan terangkat.

Makin sangar setelah mesin juga didandani biar berkesan kencang. Sisi depan makin padat dengan hadirnya radiator plus oil cooler, sisi kanan ditambah filter udara gambot. Tak lupa tabung NOS nempel di ujung lengan ayun.

Yamaha Scorpio streetbike Purwokerto
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio streetbike Purwokerto

Lampu rem Vario 125 pas dengan bodi belakang yang segilima

Lalu di mana bagian street fighternya? Tentu saja dari bentuk bodi custom garapan Kang Ripto. Shroud panjang, bodi belakang nungging dikombinasi batok lampu bersudut tajam berkesan agresif.

Semua bagian bodi dibikin dari fiberglass dan tanpa referensi, “Langsung yang ada di otak langsung dibentuk di motor,” ujar Kang Ripto yang bermarkas di Jl. Raya Kutaliman RT 02/01 Kedung Banteng, Banyumas.

Yamaha Scorpio streetbike Purwokerto
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio streetbike Purwokerto

Lengan ayun panjang khas motor drag

Makin keren dan ekstrem, seluruh bodi di-airbrush dengan tema realis. Uniknya pemilihan tokoh yang tertuang juga berasal dari bosan. “Biasanya kalau airbrush selalu yang dipilih tokoh protagonis, biar enggak bosan saya lebih suka musuhnya,” papar Dimas. “Kebetulan waktu browsing nemu musuh Batman, jadi pakai itu,” imbuhnya.

Pengerjaan airbrush digarap Lutvi pemilik bengkel Toekang Cet di Jl. Sukajati Bantarsoka RT 2/3 Purwokerto Barat. Cakep! (motor.otomotifnet.com)

DATA MODIFIKASI:
Ban: Duro 110/70-17 & Continental 190/50-17
Pelek: Suzuki GSX-R750
Swing arm: custom
Lampu depan: proyektor Ultimate
Lampu rem: Honda Vario 125
Spidometer: Koso
Footstep: Suzuki GSX-R750
Jok: MBTech
Knalpot: custom
Upside down: Suzuki GSX-R750
Ripto Custom Bike: 0816-4289149
Toekang Cet: 0857-93666611

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa