Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Blade 2014, Bawah Smooth Atas Galak

Dimas Pradopo - Senin, 30 Juni 2014 | 17:16 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


A. M. Fadly begitu digdaya memenangi 2 race di kelas Bebek 125 cc Tune Up  Pemula (HRC 3), Honda Racing Championship 2014 seri 1 Purwokerto. Selain talenta Fadly yang menonjol, tentu ditopang motor mumpuni.

Dedi Setiadi, juru korek Honda ASP Racing Team menyiapkan motor sesuai permintaan Fadly. “Dia sukanya bawahnya smooth tapi atasnya galak,” terangnya. Tentu sesuai karakter pembalap bernomor start 108 itu, yang gaya bawa motornya keluar-masuk tikungan smooth nan mulus tapi wajib ngacir di trek lurus.

No caption
No credit
No caption

CDI Rextor, permintaan Fadly


Cara yang ditempuh menurutnya bisa terlihat dari durasi kem yang dibikin. “Untuk in membuka 35° sebelum TMA dan menutup 57° setelah TMB, sedang ex 57° sebelum TMB dan menutup 31° setelah TMA,” papar Dedi. Kem ini mendorong klep Sonic yang dibikin berdiameter 26 dan 23 mm, yang ditopang per AHRS Jepang.

No caption
No credit
No caption

Karbu andalkan Mikuni Sudco


Sesuai kelas yang diikuti, Blade mesti di-bore-up, piston pakai 54,4 mm. Ruang bakar dibikin padat, rasio kompresi diset 12,2:1, biar pas dengan bensin yang dipakai, Pertamax Plus. Suplai bensin dan udara diatur karburator Mikuni Sudco TM24. Sedang pengeluaran disalurkan lewat knalpot berlabel RC3.

Masih bertujuan biar smooth di bawah, CDI pakai Rextor. “Itu juga mintanya Fadly, menurut pengalamannya pakai Rextor bawahnya bisa smooth tapi atas galak,” yakin Dedi yang pakai tipe Pro-drag.


Knalpot RC3, leher terompet


Mesin sudah pas, kaki-kaki menyesuaikan. Yang unik sokbreker depan ternyata standar. “Cuma oli pakai Motul 300V 60 ml,” terang mekanik yang bengkelnya bermarkas di Jl. Pegangsaan No. 70, Jakut itu.

Wuih pakai oli mesin ternyata. (motor.otomotifnet.com) 

Data Modifikasi:

Ban: FDR 90/80-17
Cakram: TDR
Sokbreker belakang: YSS
Karburator: Mikuni Sudco TM24
Knalpot: RC3
Intake manifold: Koso
Klep: Sonic
Per klep: AHRS Jepang
Rasio: 31/13 30/18 27/21 24/23
Gas spontan: TDR
CDI: Rextor Pro-drag 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa