Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Scoopy FI, The Original Japanese

Dimas Pradopo - Selasa, 20 Mei 2014 | 06:26 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Indonesia memang banyak yang modifikasi, dari aliran thailook, racing look, lowrider, bobber dan sebagainya.Tapi, aliran JDM (Japanese Domestic Market) sering diterapkan ke roda empat alias mobil masih jarang untuk inspirasi modif motor.

Ubahannya cukup simpel dan masih enak dipandang. Mengaplikasikan dengan cutting stiker, pelek kecil berdiameter alias lebar pelek besar dan pendek alias ceper. Salah satunya, di skutik injeksi ini.

“Kalo sekarang kebanyakan gaya thailook dan sebagainya. Karena Honda Scoopy FI ini berasal dari Jepang. Makanya, gue mencoba cari ubahan yang berbeda. So, this’s my the original from Japan,” ungkap Kwee, pemilik skutik sayap ngepak ini.

No caption
No credit
No caption

Buat hasil akhir yang diinginkannya dibantu Hendrix ‘Bewok’, owner Bewok Garage (BG) daerah Daan Mogot, Jakbar. Konsep JDM utamanya mengaplikasikan pelek ukuran ring 12 berlabel Enkei asli Jepang dan aksesori sebagai penunjang tampilan. Pada kaki-kaki, tabung sok depan produk aftermarket mengadopsikan model upside down. Peredam kejut belakang label Ohlins terasa soft dan nyaman buat boncenger.

Mengambil tema JDM, seluruh bodi di cutting stiker ala Japan. Untuk motif layaknya olahraga yang cukup terkenal di Jepang, yakni Sumo. Dengan desain gambar dari wajah seorang Sumo yang berbalut handuk didahinya.

Reflektor di lampu sein kena semprot warna kuning menyesuaikan dari kelir cutting tersebut. Ditambah kulit jok berbahan Suede produk MBtech. Halus, bray!

No caption
No credit
No caption

Besutan ini gak hanya dipakai harian, sering juga mengikuti event kontes modifikasi di setiap acara. Meski baru kali ini ikut pertarung memajang hasil ubahannya, ide kreatif bisa mendapat nilai cukup bagus. Seperti di dalam lampu proyektor HID yang terdapat mainan kecil. Tuh, ada si Oshin!

“Setang kemudi masih pergunakan orisinal pabrik. Hanya saja panel saklar lampu dan sein diganti produk Domino dan gas spontan Active. Plus pergantian handle rem yang selaras dengan handgrip Harris,” tambahnya yang mengaplikasikan oil cooler di skutik 2014 ini.


Peranti penunjang lainnya, cover filter udara dilapis karbon Kevlar. Begitu juga saat dipakai harian, tarikan cukup responsif. Karena saluran gas buang pake knalpot Tsukigi. Blaar!

Kalo gitu, pelototin aja dah foto skutiknya! (motor.otomotifnet.com)

Data Modifikasi Motor

Pelek Depan-Belakang : Enkei, 160x12 & 185x12
Ban Depan-Belakang : IRC, 110/9012
Sok Depan-Belakang : Up Side Down Gazi & Ohlins
Cakram Depan : PSM
Kaliper & Master Rem : Brembo N Brembo Rcs 15
Bodi : Repaint
Jok : Custom Suede Recaro
Cat : Sikkens
Knalpot : Std krom
Roller : Kawahara 8-10 Gram
Puli Depan : SPS
Per CVT : Kitaco 1500
Handgrip : Harris
Handle Rem : Antylon
Behel Jok : Honda Scoopy S12
Tabung Minyak Rem : Rizoma
Gas Spontan : Active
Knalpot : Tsukigi
Oil Coller : Custom
Slang Rem : Hell
Lampu Depan : Double Proyektor Daihatsu Terios
Bewok Garage (BG) : 081316661306


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa