Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ubahan Yamaha V-Ixion Jadi YZF-R125 Karya Modifmania Body Custom

Dimas Pradopo - Kamis, 8 Mei 2014 | 15:30 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

“Basis mesin dan rangka enggak jauh beda, makanya bisa pasang bodi R125 ke V-Ixion.”

Jakarta - Siapa sih yang enggak kepincut melihat sosok motor Yamaha YZF-R125? Bodi ramping, sporti, kaki-kaki padat berisi bikin motor ini jadi idaman kaum pria. Tampilannya khas motor besar Yamaha, cuma ini versi mininya. Karena sejatinya motor ini untuk pengendara pemula sebelum menggunakan motor bermesin besar di Eropa sana.

Mau beli unitnya harganya pasti menguras kantong, karena harus didatangkan dari Eropa. Trik gampangnya ya modifikasi Yamaha V-Ixion jadi R125, seperti di artikel ini.

No caption
No credit
No caption

Tangki asli dibungkus kondom tangki berbahan fiberglass, bentuknya R125 banget bro. Spidometer pakai Koso yang serba digital dan punya fitur lengkap. Performa mesin bertambah karena aplikasi knalpot lansiran Pro Speed. Enggak jaman pakai lampu LED variasi, pakai orisinil Yamaha YZF-R125 dong


“Basis mesin dan rangka enggak jauh beda, makanya bisa pasang bodi R125 ke V-Ixion,” buka Abdul Rahim, dari bengkel Modifmania Body Custom (MBC). “Daripada beli mahal, mending modifikasi,” timpalnya.

MBC sendiri membuat bodi replika Yamaha YZF-R125 menggunakan fiberglass. Mulai dari fairing, kondom tangki, bodi belakang hingga bodi samping. “Dicetak dari bodi asli, jadi tiap lekukannya dijamin sama dan presisi,” beber pebengkel di Sawangan, Depok, Jabar ini.

Wajar kalau hasilnya tampilan motor tetap terlihat proporsional, enggak kedodoran seperti pakai fairing variasi. Tapi supaya detailnya tetap bagus, lampu-lampu di Yamaha V-Ixion ini tetap gunakan orisinal Yamaha YZF-R125 bro.


Lampu depan sengaja dibuat ‘picek’ dan berisi HID projector

Contohnya lampu depan dan belakang. “Cuma lampu depan dipasang sebelah, kebetulan yang punya suka latihan di Sentul, jadi buat pasang nomor pembalap idola,” cerita Aim, sapaannya. Makin keren kala spidometer Koso mengisi area setang.

Kemudian ada swingarm melengkung berbahan aluminium tersemat menemani roda belakang. Pijakan kaki pengendara pun pakai orisinal punya Yamaha YZF-R125. “Biar makin mirip sama motor aslinya,” kata Aim.

Motor sudah keren mana asyik kalo pelek masih standar, gantinya Aim memasang pelek Chemco ukuran 2.50 dan 3.50 inci. Enggak lupa dibalut ban Pirelli Sport Demon dan Battlax BT92. Hasilnya, kaki-kaki makin padat berisi.

Benar-benar mirip aslinya. (motor.otomotifnet.com) 

Data Modifikasi :
Bodi : Custom by MBC
Swingarm : Yamaha YZF-R15
Lampu depan : Custom Yamaha YZF-R125
Lampu belakang : Yamaha YZF-R125
Knalpot : ProSpeed
Pelek : Chemco
Ban depan : Pirelli
Ban belakang : Battlax BT92
Sepakbor depan : Variasi
Cakram depan : PSM
MBC : 0818-06511184


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa