Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Off Road Yamaha X-Ride, Pakai Kaki-Kaki Trail

Dimas Pradopo - Selasa, 29 April 2014 | 10:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bekasi - Extreme Ride Adventure Challenge (XRace) 2, akan segera digelar. Lokasinya sudah ditentukan dan pada akhirnya kawasan Cikole, Bandung yang akan jadi tempat menguji nyali pengguna skutik injeksi 115 cc itu.

Aturan modifikasi masih bebas, oleh karena Mang Engkos menyiapkan X-Ride dengan modifikasi khusus untuk event 10-11 Mei mendatang. “Terutama pembenahan pada sektor kaki-kaki bagian depan,” jelas owner Dewi Motor di Jl. Ratna Jatibening, Bekasi.

No caption
No credit
No caption

Sok depan sudah pakai bawaan motor trail


Memang nampak jelas, pembenahan sektor kaki-kaki yang dilakukan. Model as sok ditinggikan atau mengganti per sok, bukan lagi jadi cara untuk membenahi bagian tersebut.

Suspensi depan bawaan Kawasaki KLX150S dijadikan korban untuk jadi pengawal kaki-kaki depan X-Ride. Banyak hal yang mesti dikorbankan, agar hal itu bisa terwujud.

“Terutama korban waktu, pasalnya butuh waktu lebih dari 3 bulan agar suspensi KLX150S bisa dipasang ke X-Ride,” papar mang Engkos.

No caption
No credit
No caption

Ban belakang cukup dengan pelek berdiameter 14 inci

Pelek jari-jari berdiamater 17 inci plus ban pacul, ikut mengawal kaki-kaki bagian depan. Slang rem racing plus cakram aftermarket, diandalkan untuk safety selama bermain di trek adventure.

Bagian belakang, enggak banyak modifikasi yang dilakukan. Sok pakai bawaan motor dan dipadu dengan pelek jari-jari berdiameter 14 inci. “Sok standarnya masih mumpuni untuk menghajar trek tanah ataupun batu,” kata mang Engkos.


Sok belakang pakai standarnya saja
Mesin sudah menggunakan piston berukuran 58 mm, yang artinya itu jadi 153 cc. Urusan electronic control unit, masih saja enggan untuk dikuak alias resepnya masih rahasia.

Jeroan CVT enggak banyak yang diubah. Oleh karena butuh roller 5 gram agar akselerasi X-Ride lebih ganas, maka bawaan pabriknya yang dimodifikasi. Mang Engkos mengaku kalau apa yang dilakukan pada roller pabrik itu, memiliki cara tersendiri.

Weeits rahasia lagi. (motor.otomotifnet.com)

Data modifikasi :
Ban : Swallow
Cakram : Aftermarket
Knalpot : Modifikasi
ECU : Modifikasi
Roller : Standar
Per CVT : Standar 
Dewi Motor : 0817-0884759


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa