Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Desain Yamaha R125 Diaplikasi Pada V-Ixion, Begini Jadinya!

Dimas Pradopo - Jumat, 2 Mei 2014 | 13:13 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 
Jakarta - Sepintas, tunggangan berkelir kombinasi biru, hitam dan silver ini mirip Yamaha R125. Tapi kalau dilihat secara detail, akan tampak sosok aslinya. Yups benar, berbasis Yamaha V-Ixion bro!

"Awalnya saya pengin ubah tampang V-Ixion lansiran 2010 ini bergaya Yamaha R15 dengan bentuk dan dimensi mirip aslinya. Berhubung sampai sekarang belum mengaspal di Tanah Air serta belum ada unitnya sebagai contoh, akhirnya pilih model Yamaha R125," tukas warga Bogor, Jabar.

No caption
No credit
No caption

Sok depan lebih pendek 5 cm mengandalkan segitiga dan setang keluaran NUI


Pria usia 26 tahun ini juga bilang mengapa beralih pilih model R125? Karena di bengkel Insan Motor (IM) yang dipercaya menggarapnya, ada motor R125 yang bisa dijadikan contoh. "Jadi enggak ada R15, model R125 pun jadi. Yang penting dimensi dan bentuknya bisa mirip aslinya," ujarnya.

Tahu keinginan konsumen, Yustinus Erwan Santoso, empunya IM langsung bikin ramuan bodi baru berbahan dasar fiberglass. "Sesuai order, bagian headlamp saya bikin seperti aslinya. Karena fairing orisinal R125 hanya polos, biar tampil lebih futuristik saya desain berlubang untuk aliran udara," papar modifikator yang didampingi 2 personil ini.

No caption
No credit
No caption

Cover headlamp didesain mirip asli R125 mengandalkan lampu copotan Honda Blade. Swing arm orisinal makin berotot setelah di-custom, Buritan makin nungging setelah aplikasi rangka custom.

Lalu agar buritan bisa tampil nungging mirip tunggangan aslinya, dilakukan beberapa penyesuaian. "Rangka belakang saya potong. Lalu bikin rangka baru berbahan pipa kotak. Sekarang lebih tinggi sekitar 9 cm (standar 90 cm). Model dan bentuk jok juga saya desain mirip asli R125," imbuh pembengkel di Jl. Swatantra IV No.50, Pasar Rebo, Jatiasih, Bekasi.
No caption
No credit
No caption
Fairing custom dibikin berlubang biar tampil futuristik.

Soal proses garapan, Iyus mengaku butuh waktu 4 minggu. "Full bodi custom R125 versi IM ini juga saya rancang plug and play (PnP) dengan banderol harga Rp 6 jutaan. Jadi bila ada pembesut V-Ixion baru maupun lawas yang pengin tampil seperti ini, tinggal order," imbuh modifikator yang beroperasi sejak tahun 1999.(motor.otomotifnet.com) 

Dimensi mirip R125
Data Modifikasi :
Bodi: Yamaha R125 v IM (custom)
Footstep: Orisinal R125
Spidometer: R125
Knalpot : R9
Pelek: Aftermarket (3,5 inci & 2,15 inci)
Ban: IRC 100/80-17 & 130/70-17
Monosok: R125
Stoplamp: Aftermarket (3 in 1)
Insan Motor: 0812-9737900

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa