Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CBR150R, Tanpa Bore-Up Bisa Naik 5 dk!

Dimas Pradopo - Sabtu, 5 April 2014 | 12:22 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

“Upgradenya gak terlalu ekstrem kok, buat harian malah masih mumpuni banget,”

Jakarta - Mesin 4 Tak DOHC 4 klep PGM-FI bawaan Honda CBR150R dikenal powerful, terutama pada putaran mesin menengah ke atas khas mesin over bore. Tapi Felix Handoko sebagai salah satu pemilik motor sport tersebut kurang puas dengan performanya.

“Buat harian tenaganya lebih dari cukup, tapi kalo buat ikut ajang fun race masih kurang nampol,” katanya. Langkah upgrade dilakukan supaya sesuai keinginan. Motor digarap di dua bengkel, Pematic dan Ultraspeed Racing.

“Upgrade-nya gak terlalu ekstrem kok, buat harian malah masih mumpuni banget,” yakin pemuda ini. Kapasitas mesin saja masih tetap standar yakni 149,4 cc. Sisanya pakai part performa yang sifatnya plug and play saja.

“Tapi hasilnya memuaskan, naik 5 dk dari standarnya yang di kisaran 14 dk,” bangga Felix yang tergabung dalam F4ST Racing Team. Motor miliknya pun sudah beberapa kali podium loh. Ubahannya apa saja tuh? Baca terus!

No caption
No credit
No caption

Knalpot
Pelepas gas buang merupakan komponen yang menyumbang power mesin. Felix beruntung dapat support dari WRX, dan untuk saat ini pakai WRX Oval Roadrace with O2 Sensor. Hasilnya tenaga ngisi terus dan suaranya mantap didengar.

No caption
No credit
No caption

ECU
Otak pengapian pakai ECU aRacer RC Mini. “Timing pengapian bisa diatur sendiri, dan limiter mesin sudah terbuka,” papar Freddy A. Gautama dari Ultraspeed Racing yang jual ECU aRacer ini.

Noken As
Komponen pengatur buka-tutup klep ini masih pakai standar. “Cuma mendial ulang saja, tapi lupa detailnya gimana,” kata Felix. Katanya sih ada rencana mau pakai noken as custom nih, biar makin dahsyat powernya.

Ban
Karet bundar pakai Pirelli Diablo Super Corsa di kedua pelek. Ban asal Italia ini punya komponen lunak dan daya cengkram ke aspal sangat baik.

Kepala Silinder
Di bagian ini hanya memaksimalkan yang sudah ada mengingat klep masih pakai bawaan motor. Lubang masuk dan keluar ruang pembakaran diporting-polish, supaya aliran gas bakar cepat dan lancar.

No caption
No credit
No caption

Kampas Kopling
Meminimalkan gejala selip kampas kopling dipercayakan pada merek WRX. "Torsinya jadi makin berasa dan motor lebih responsif," papar Andrianus Fortunata, dari bengkel pematic.


Sokbraker
Supaya makin mantep diajak nikung rebah, monosok belakang berganti merek Triple S. Sementara sok depan pakai oli sok racing untuk dapat rebound lambat. (motor.otomotifnet.com) 

Daftar Part :
ECU aRacer RC Mini : Rp 3 juta
Knalpot WRX : Rp 1,35 juta
Kampas Kopling : Rp 200 Ribu
Pematic : 0812-88989959
Ultraspeed Racing : 021-53665127

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa