Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Jupiter Z, Ini Dia Juaranya Motoprix MP2

billy - Senin, 17 Maret 2014 | 08:30 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bogor - Sejak lampu tanda start dimatikan, Agus Setiawan yang ada di grid no 2 langsung melesat jadi pimpinan rombongan. Hanya awal-awal lap saja, persaingan dengan rider lain cukup ketat.

Makin banyak lap yang dilalui, Yamaha Jupiter Z pembalap tim Yamaha Yamalube NHK FDR AHRS SSS Creampie MRT makin jauh di depan pesaingnya. Kondisi seperti itu, bertahan sampai lap ke-25 dan mengantarkan Agus jadi pimpinan lomba di Motoprix region 2 kelas MP2 (Bebek Tune Up 110 cc).

Kali ini Waskito ‘Merit' Ngubaini yang menukangi mesin Jupiter milik Agus, bisa tersenyum puas dengan hasil tersebut. “Karakter Agus, pas dengan setingan mesin yang saya buat,” aku mekanik kelas kakap ini.

No caption
No credit
No caption

Waskito ‘Merit’ Ngubaini, cocok dengan karakter balap Agus. Knalpot Creampie, produk lokal yang andal. Noken as dibuat dengan durasi 274 derajat.
Karakter yang dimaksud adalah rolling speed dan mesin yang powernya kuat dari putaran mesin tengah sampai atas. Untuk hal seperti ini, durasi noken as baik yang in maupun ex dibuat 274°.

Alur lubang masuk bahan bakar dibiarkan mengikuti bawaan pabrik. Namun portingan-nya yang membulat, punya cerita tersendiri.

Menurut Merit, ada 2 hal positif yang didapat dengan pola portingan yang dibuat. “Pertama aliran bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, lebih cepat. Selanjutnya bisa menahan panas, yang berimbas pada ketahanan ruang bakar,” jelasnya.


Karburator Mikuni Sudco dengan venturi 24 mm, jadi andalan untuk suplai bahan bakar yang dibutuhkan mesin. Penggunaan bahan bakar jenis Pertamax Plus, membuat Merit memutuskan seting kompresi di 12,4 : 1.

Hasil akhir sudah membuat Agus meninggalkan jauh pesaing terdekatnya yang juga dari tim Yamaha. Namun itu belum memuaskan hati Merit, bahkan menurutnya mesin motor besutan Agus masih bisa dikembangkan lagi. (motor.otomotifnet.com)

Data Modifikasi:
Karburator : Mikuni Sudco 24
Knalpot : Creampie
Sok : YSS
Pelek : TDR
Noken As : Custom


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa