Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Vario 125, Bore Up 170 cc Untuk Harian dan Fun Race!

Dimas Pradopo - Rabu, 12 Maret 2014 | 09:50 WIB
Honda Vario bore up 170 cc
Dok. OTOMOTIF
Honda Vario bore up 170 cc
Jakarta - Di ajang balap fun race kini, skutik ber-injeksi sudah mulai banyak. Daripada kebut-kebutan di jalanan, mending ikutan gelaran tersebut! Meski hadiah gak besar, tapi nambah skill berkendara. Yang penting fun dan bisa jajal mesin, bro!

Ulasan upgrade performa kali ini bisa dijadikan sebagai acuan atau referensi buat skutik kesayangan otomania. “Ubahannya memang gak terlalu ekstrem, jadi masih bisa dipakai buat harian, ke kantor atau beraktivitas sehari-hari. Selain itu, buat turing masih yahud, cui!” papar Amir Muchtar, pemilik Honda Vario 125.
Honda Vario bore up 170 cc
Dok. OTOMOTIF
Honda Vario bore up 170 cc

Injektor mencomot kepunyaan Honda PCX 150
 
Menambah kapasitas ruang bakar, cukup banyak pilihannya. Salah satunya, blok mesin dan seher aftermarket yang berdiameter 61 mm berlabel SRP. Hasilnya kapasitas mesin jadi 170 cc. Menyesuaikan besarnya ruang bakar, injektor bawaan diganti.

“Bisa juga pakai produk aftermarket atau besutan lain. Biar setingan enggak terlalu kering akibat perubahan seher, gantinya injektor Honda PCX 150,” papar Saka, Mekanik RD Matic Shop daerah Puri Kembangan, Jakbar.

Honda Vario bore up 170 cc
Dok. OTOMOTIF
Honda Vario bore up 170 cc

 Puli depan dan roller pakai produk aftermarket. Saluran gas buang makin plong dengan merek Tsukigi
 
Tarikan awal menjadi lebih cepat dengan roller TDR dengan berat 15 gram. Kemiringan V-belt menjadi agak tirus atau rendah karena puli depan merek SPS. Guna  mengganjal atau menahan kampas ganda orisinal mengembang, digunakan per CVT punya Honda BeAT.
 
Saat dibawa jalan pelan, suara gas buang gak terlalu terdengar. Layaknya knalpot pabrikan sayap ngepak. Tapi, guna pembuangan lebih lancar, knalpot berlabel Tsukigi ini yang dipercaya buat menggeber Vario ‘cepekjigo’ (125). Dari perubahan mesin tersebut diuji melalui mesin dyno. Guna mengetahui sampai seberapa besar peningkatan di skutik 2013. Yakni, Dynojet kepunyaan bengkel Aerospeed 74 daerah H. Nawi, Jaksel.

Honda Vario bore up 170 cc
Dok. OTOMOTIF
Honda Vario bore up 170 cc
Sebagai perbandingannya, tenaga asli Vario 125 hanya 9 dk/8.900 rpm dan torsi 8,54 Nm/5.700 rpm. Tentu perbedaannya cukup tinggi karena ruang bakar sudah besar. Untuk power bore-up 170 cc itu menjadi 12.99 dk/7.700 rpm dan akselerasi alias torsi pada grafik terlihat di awal bukaan gas atau 12.92 Nm/5.800 rpm.

“Namun, sayangnya bandwith yang dihasilkan keriting alias kurang maksimal. Kemungkinan terjadi problem di sektor kaki-kaki. Sehingga saat ban menapak di roda dyno terasa mental-mental,” ujar Taufik, operator Aerospeed. (motor.otomotifnet.com)

Nih, hasilnya, bro!

Honda Vario bore up 170 cc
Dok. OTOMOTIF
Honda Vario bore up 170 cc
DATA TEST
   Standar Upgrade
 Power  9 dk/8.900 rpm  12.99 dk/7.700 rpm
 Torsi  8,54 Nm/5.700 rpm  12.92 Nm/5.800 rpm


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa