Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Byson, Bergaya Ducati Buntung

billy - Selasa, 24 Desember 2013 | 09:12 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tangerang - Owner Yamaha Byson keluaran 2012 ini, punya pria dipanggil Ais. Pastinya yang satu ini bukan pelawak Aziz Gagap yang juga akrab disapa Ais, tapi seorang pengusaha yang memiliki UD Sahabat Makmur. Ais punya keinginan, mengubah tampang Byson miliknya jadi lebih sangar. Makanya, bengkel modifikasi Berkat Motor di Ciledug, Tangsel yang dikunjungi.

Konsep sesuai aslinya alias street fighter, yang kemudian disetujui oleh si pemilik motor dan Rudy Gunawan, selaku owner Berkat motor. Seperti inilah hasil kompromi modifikator dan kliennya. Yuk tengok hasil ubahannya!

No caption
No credit
No caption


Desain cover headlamp, sepertinya belom dipasarkan. Memang beda, tapi bagian tersebut bukannya bikin sendiri. “Hasil modifikasi dari bawaan Honda CS1,” kata Rudy. Dikarenakan hasil modifikasi, maka headlamp-nya pakai barang aksesori yang biasa buat moge Harley-Davidson. Sementara bagian lampu senja, merupakan hasil modifikasi dengan bahan sein bawaan Kawasaki KLX150S
No caption
No credit
No caption


Kaki-kaki bagian depan, memadukan limbah moge dengan bawaan pabrik. Limbah moge di bagian pelek, yang menggunakan bawaan Aprilia RS125.

“Sementara soknya tetap pakai punya Byson, hanya saja ada modifikasi. Pemasangan double cakram di depan pada sok standar Byson, mau tidak mau ada langkah modifikasi. Dibuatkan dudukan kaliper untuk cakram ke-2,” terang Rudy. Kondom tangki gambot yang diguyur kelir merah Ducati, jadi jurus pamungkas yang dilakukan kru Berkat Motor.

No caption
No credit
No caption


Sesuai dengan permintaan owner motor maka kru Berkat Motor memotong subframe. Padahal Rudy enggak pernah merekomendasikan pemotongan tersebut, tapi apa mau dikata kalau sudah keinginan konsumen. Pemotongan tersebut, tentunya membawa kosekuensi pada soal setingan jok. Terlihat dudukan si rider itu jadi lebih pendek, kalau dibuat boncengan empet-empetan dah antara rider dan boncenger.


Swing arm model pisang bawaan Yamaha TZR125 edisi MotoGP, diandalkan untuk menggantikan barang orisinal Byson. Unsur safety yang jadi konsentrasi Rudy, dalam pemasangan arm banana itu. Modifikasi dengan memotong arm TZR125 yang tipe A, ke sasis Byson yang mesti pakai arm tipe H enggak bisa dilakukan.

“Kalau menggunakan proses pemotongan dalam modifikasi pemasangan arm-nya, hasil akhirnya terlalu tipis dan enggak safety. Biar tetap aman untuk dikendarai, maka dibuatkan sistem bridge holder atau biasa disebut sistem gendong,” kata modifikator yang doyan kuliner ini. (motor.otomotifnet.com) 



Data Modifikasi:
Sok Depan: Yamaha Byson
Swing Arm: Yamaha TZR125 MotoGP
Ban: Pirelli
Knalpot: Custom Trioval
Kedok Headlamp: Custom
Monoshock: Yamaha Jupiter MX
Kaliper Belakang: Kawasaki KLX15S
Berkat Motor 021-93517093

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa