Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Blade, Main Durasi Kem Besar!

billy - Rabu, 11 Desember 2013 | 15:24 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Subang - Besar di trek permanen Gerry Mang, Subang, membuat Andi Gilang doyannya rolling speed saat beradu cepat alias balapan. Gaya balap yang ditonjolkan oleh pembalap pemula tim Honda Daya KYT Federal Oil Walini Showa FIM Golden ini, dibaca dengan cermat oleh Arif ‘Setep’ Margono sang mekanik.

Tanpa menduakan Aditya Pangestu yang juga masih berlabel pembalap pemula di tim milik Pepen itu, Setep mencocokkan karakter mesin dengan gaya balap Andi. “Untuk yang HRC4 atau kelas bebek Honda 110 cc, dengan gaya balap seperti itu maka power tertingginya dibuat di rpm atas,” papar pria asal Kediri, Jatim.

Dengan rancangan seperti itu, maka durasi noken as Honda Blade tunggangan Andi dibuat gendut. Namun dengan angka yang sama antara dudasi noken as in dan ex, yakni 278°.

No caption
No credit
No caption

 
Knalpot SND bikin plong dan bertenaga. Bermain di durasi besar pada noken as, pas dengan karakter Andi Gilang. Ini dia penampakan silinder head-nya, squis tetap besar tapi bukan standar.
Tapi racikan itu enggak selalu jadi patokan untuk diterapkan pada motor Andi. Beda trek, maka ada ubahan yang harus dilakukan pada durasi noken as.

“Misalnya kalau pas ketemu trek dadakan yang banyak stop and go, maka durasinya diubah. Pokoknya dicari bagaimana mesin supaya putaran bawahnya lebih cepat, sehingga bisa lebih cepat ketemu peak power di rpm atas,” kata Setep.

Saluran masuknya uap bahan bakar juga dibuat bisa mendukung apa yang ingin dicapai mekanik. Enggak pakai resep leluhur cukup setelah di-porting, permukaan lubang in dibuat seperti kulit jeruk.



Teorinya dengan permukaan lubang in yang kasar seperti kulit jeruk, maka bisa memicu sempurnanya proses pembakaran. Namun dengan modal pengalaman sebagai mekanik, permukaan saluran in dibuat seperti kulit jeruk membuat aliran uap bahan bakar lebih cepat.

Durasi noken as yang besar, dikombinasikan dengan squis silinder head yang besar pula. Tapi Setep memastikan, bagian tersebut sudah berubah dari bawaan pabrik. Bahkan menurutnya, kalau dibuat lebih sempit, enggak cocok dengan setingan kompresi yang sudah dipatok di angka perbandingan 12,2:1. (motor.otomotifnet.com) 

Data modifikasi:
Pelek: Excel Takasago
Knalpot: SND
Sok: Showa
Ban: FDR
Karburator: Mikuni Sudco
CDI: BRT

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa