Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Jupiter Z1, Andalkan Spek Motoprix Untuk Asean Cup Race

billy - Kamis, 5 Desember 2013 | 15:41 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bogor - Satu lagi pacuan balap di Yamaha Asean Cup Race, selain YZF-R15  ada lagi Jupiter Z1 yang digunakan pembalap pemula dari negara-negara di Asean. 30 motor dengan spesifikasi teknis kembar ini sengaja disiapkan Yamaha Indonesia untuk balapan yang digelar di Sirkuit Sentul, Bogor akhir pekan lalu (1/12).

Secara bentuk mirip sekali dengan Jupiter Z1 juara Indoprix musim 2013 , tapi ternyata spesifikasinya adalah versi murah yang disiapkan oleh Divisi Motorsport Yamaha Indonesia untuk turun di Motoprix musim depan. Lebih murah karena beberapa komponennya memang disesuaikan dengan regulasi Motoprix.

Iya dong, setelah menang di Indoprix 2013, Motoprix yang balapnya digelar tiap region di Indonesia ini jadi incaran garpu tala Yamaha! Gosipnya, Jupiter Z1 dengan spesifikasi seperti ini akan segera dibagikan pada tim-tim balap Yamaha di daerah. Tapi sebelum turun di Motoprix, ajang Yamaha Asean Cup Race jadi debut bagi motor-motor ini.

No caption
No credit
No caption


"Kamu kan sudah tahu Jupiter Z1 Indoprix? Nah, spesifikasi yang ini sama saja, hanya disesuaikan dengan regulasi di Motoprix," buka Supriyanto, Motorsport Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

"Seperti klep pakai besi bukan titanium sesuai regulasi. Lalu magnet basah bukan kering," jelasnya. Sayangnya, Supriyanto masih enggan membeberkan spesifikasi lainnya. Meski begitu, durasi kem hingga tatanan ruang bakar diyakininya tetap sama saja.

No caption
No credit
No caption


Sedang tampak luar, bagian mesin memang banyak berbeda. Tidak hampir tidak ada part yang dibuat khusus dari proses machining. Cover silinder head masih pakai standar, padahal versi Indoprix menggunakan part khusus dengan banyak sirip untuk membuang panas. Oil cooler juga ditanggalkan, pantas saja bak mesin sebelah kanan jadi terlihat lebih minimalis.

Sistem injeksinya tetap sama, masih menggunakan throttle body custom dari proses machining CNC dan hanya menggunakan air filter kecil. Tidak seperti yang dipakai pada Indoprix, air filternya lebih besar dan menggunakan penyaring debu jenis busa. Pada bagian knalpot dan lubang buangnya juga tidak terlihat adanya O2 sensor, kemungkinan injeksinya mengusung sistem open loop.

No caption
No credit
No caption


Area kaki-kaki lebih sederhana lagi. Hanya diskbrake depan dan selang rem yang diganti dengan produk TDR. Master rem dan kaliper tetap bawaan pabrik. Yang belakang masih mengandalkan rem teromol di pelek yang juga masih standar pabrik.

Suspensi depan sepertinya minim ubahan, sempat iseng menekan sokbkraker depannya, eh empuk banget mirip motor standar. Sedang yang belakang pakai sokbraker YSS asal Negeri Gajah Putih, Thailand. Padahal untuk Jupiter Z1 yang turun di Indoprix sudah pakai sokbraker KYB dan perangkat disk brake depan-belakang dari Brembo. (motor.otomotifnet.com)


Data Modifikasi
Ban: FDR
Sokbraker belakang: YSS
Disk brake depan: TDR
Knalpot: SMF
Foot step: Yonk Jaya
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa