Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha X-Ride, Modifikasi Special Turun X-Race!

billy - Jumat, 25 Oktober 2013 | 08:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bekasi - Catat tanggal mainnya dan buruan daftar, even X-Race akan digelar 9-10 November 2013 mendatang di trek Bukit Hambalang, Bogor. Kru Dewi Motor di kawasan Jl. Dr. Ratna, Bekasi, sudah siap menurunkan Yamaha X-Ride untuk berlaga di X-Race.

Menurut Mang Engkos yang jadi owner sekaligus mekanik Dewi Motor, di workshop-nya sudah ada 6 unit X-Ride dan 4 di antaranya sudah ready untuk menaklukkan trek di Hambalang. “Unit lainnya masih dalam proses pengerjaan,” jelasnya.

Untuk bisa menaklukkan trek yang berkontur tanah, bebatuan, sungai dan rumput, sektor mesin enggak bisa dibiarkan standar. Bagi mang Engkos, dengan mesin standar bisa saja dipakai untuk adventure off-road. Tapi akan lebih baik bila performa mesinnya di-upgrade.

No caption
No credit
No caption

Knalpot Kawahara, dinilai pas dengan ubahan yang sudah dibuat mang Engkos. Ban depan ukuran 17 inci, lebih enak untuk melibas trek adventure offroad. Sepatbor kudu dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan

“X-Ride skutik yang sudah cukup siap untuk berpetualang di alam bebas. Urusan mesin, juga enggak terlalu menyusahkan bila ingin upgrade,” sela pria yang sudah dari 1980-an utak-utik mesin motor ini.

Untuk keperluan adventure off-road, ubahan mesin yang dilakukan enggak terlalu ekstrim. Cukup memasukkan piston berukuran 57 mm, agar kapasitas mesinnya bisa naik mendekati 150 cc.

No caption
No credit
No caption

Setang lebar bikin handling lebih nyaman saat ketemu trek di alam bebas 

Melakukan upgrade performa mesin, ternyata enggak perlu ganti ECU standar X-Ride yang bersistem injeksi. “Tapi tetap harus ada sesuatu yang disesuaikan dan itu di bagian sensornya. Agar ECU tetap bisa membaca kebutuhan mesin yang sekarang sudah di upgrade kapasitasnya,” kata mang Engkos.

Soal apa yang diubah, ternyata masih jadi rahasia yang disimpan rapat oleh mang Engkos. Meski begitu ubahan yang membuatnya terjaga sampai dengan 2 hari 2 malam itu, cukup berhasil membuat mesin X-Ride yang sudah di-bore-up digeber tanpa takut tersangkut limiter putaran mesin.

Selebihnya seperti ini hasil modifikasiannya. (motor.otomotifnet.com) 

----------------------------------------



Untuk informasi regulasi dan pendaftaran Extreme Ride Adventure Challenge (X-Race),
silahkan klik di sini.

Event yang digelar pada 9-10 November 2013 mendatang ini akan memacu adrenalin para penyuka kegiatan off road khususnya pemakai Yamaha X-Ride dan trail Yamaha. Hadiah jutaan Rupiah dan doorprize satu unit Toyota Etios Falco JX juga disiapkan untuk para pemberani!

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa