Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Scorpio Z, El-Diablo Terinspirasi Ban

billy - Selasa, 10 September 2013 | 08:33 WIB
Yamaha Scorpio Z, El-Diablo Terinspirasi Ban
Edhot
Yamaha Scorpio Z, El-Diablo Terinspirasi Ban

Yamaha Scorpio Z, El-Diablo Terinspirasi Ban
Edhot
Yamaha Scorpio Z, El-Diablo Terinspirasi Ban
Yamaha scorpio lansiran empat tahun silam ini, sudah pasti punya histori tersendiri bagi sang pemilik bernama lengkap Irsan Ramdhani. Pastinya lajang asli Bogor, Jawa Barat ini memiliki seribu kenangan bersama semplakannya yang setia menemani perjalanan turingnya.

Maklum saja, pria yang juga anggota Street Demon ini demen banget sama yang namanya traveling. Lantaran bosan dengan penampilan standarnya, Irsan panggilan akrabnya memikirkan langkah untuk segera melakoni ubahan di kuda besinya itu.

“Aku ingin Scorpio ini lebih berkarakter lagi penampilannya. Aku dapat inspirasi ketika melihat ban dual purpose dengan tapak yang lumayan lebar. Akhirnya ketika isi dompet dan tabungan mencukupi, aku tebus itu ban,” kenang Irsan.

Setelah melakukan diskusi kesana kemari, akhirnya konsep disepakati dengan mengaplikasi gaya street bobber untuk ubahan modifikasinya.

Untuk ubahan bodi, Irsan mempercayakannya kepada sohib kentalnya. Ya, dari Abah Jaya Motor (AJM), asal kota kembang alias Bandung, Jawa Barat.

“Di tempat AJM, aku percayakan untuk membuat tangki dan sepatbor depan. Begitu juga untuk sektor kaki-kakinya. Termasuk pemasangan ban dual porpose yang bisa dibilang menjadi inspirasi untuk ubahan motor kesayanganku ini,” timpal Irsan lagi.

Yamaha Scorpio Z, El-Diablo Terinspirasi Ban
Edhot
Yamaha Scorpio Z, El-Diablo Terinspirasi Ban
Mengejar target operasi, sekujur bodi Scorpio dilucuti untuk dipensiunkan. Sebagai gantinya, plat besi galvanis dibentuk apik menyesuaikan konsep street bobber.

Langkah selanjutnya, setting suspensi dilakukan guna mengejar kenyamanan saat sang empunya riding dengan Scorpio custom kesayangannya ini. Sok depan dan swing arm mengandalkan lungsuran Suzuki Bandit 400. Peredam kejut dan lengan ayun ini dirasa mampu untuk memberikan tingkat kenyamanan maksimal.

Buat menemani sektor kaki-kaki, dipilih pelek depan produk Excel Taksago. Pelek lebar ini, berpadu dengan ban Bridgestone 130/80-18. Sedangkan di bagian roda belakang, pelek kepunyaan Yamaha DT disandingkan ban Bridgestone 180/80-14.

Kelar pengerjaan bodi dan kaki-kaki, lanjut dengan proses melabur bodi dengan kelir hitam kombinasi silver. Lalu, pengerjaan dilanjut dengan memberikan motif tribal sebagai pemanis knalpot.

“Gila, puas sama hasilnya bro. Yang pasti, tampilan motor sekarang jauh lebih bernafas ketimbang tampilan sebelumnya,” beber Irsan yang juga tinggal di Bandung.

Nah, tak tertinggal, Irsan juga memberikan nama El-Diablo pada tangki. “Ini dia, El-Diablo nama kuda besiku yang terinspirasi ketika melihat ban dual purpose itu,” tutup pria kelahiran 27 tahun silam ini.

Tetap turing enggak?

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Bridgestone 130/80-18
Ban belakang: Bridgestone 180/80-14
Setang: Custom
Sok depan: Suzuki Bandit 400
Lampu depan: Custom H-D

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa