Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Tiger, Ketika Macan Jadi Retro Chopper

billy - Jumat, 23 Agustus 2013 | 11:19 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Rifai Nurhasan kembali berkreasi dengan sentuhan pelat galvanis. Rifai yang juga punggawa rumah modifikasi N-Joy 76 Extreme Custom Jogja ini, kembali menelurkan karya terbarunya yang diberi judul “Retro Chopper”. Mengambil basis Honda Tiger lansiran 2003 miliknya.

Menurut Rifai, konsep retro chopper masih sangat jarang dibikin orang. Terutama di motor-motor sport ber-cc kecil. Tetapi, kalau konsep chopper, malah sudah terlalu banyak dibikin orang. Rifai coba memadukan antara konsep chopper dengan konsep retro. Lantas dari hasil kolaborasi tersebut, akan menghasilkan konsep retro chopper.

“Konsep yang diwujudkan dalam modif asli ini, bukan sekedar modif. Sebab dikerjakan dengan bahan 100% pelat galvanis yang notabene pengerjaanya sangat penuh dengan kendala,” ujarnya.

Mulai dari pemotongan, pembentukan hingga finising, jelas menyita waktu yang sangat lama. Terutama pengerjaan swing arm dan tangki. Kedua bagian ini, butuh perhitungan matang.


Swing arm sebagai kaki utama belakang dan tangki sebagai penyimpan bahan bakar, jadi bagian yang paling utama dilihat orang. Jadi, di bagian tangki nuansa retronya harus dikuatkan.

“Tak hanya itu. Memberi sentuhan seni retro di pelat galvanis sangat sulit dan perlu ketelatenan yang banyak,” tambah Rifai.

Masih kata rifai, walau motornya dimodif retro chopper full dengan sentuhan seni retro, namun semuanya layak jalan. Bahkan semua yang dipasang di motor, semuanya safety.

“Ya. Meski motornya begini dan semua yang dipasang barang-barang custom, namun semuanya sangat layak jalan. Bahkan motor ini nyaman buat riding,” bebernya.

Bukan tanpa alasan, pacuan ini sudah dites ride Jogjakarta ke kota Wonogiri, Jawa Tengah pulang-pergi. Dan hasilnya, motor dan pengendara aman-aman saja. “Ini menunjukkan bahwa konsep seperti inipun, motor juga layak jalan,” tutup Rifai dengan bangga. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Sok depan: Bajaj Pulsar
Sok belakang: YSS
Ban depan: Swallow 120/80-19
Ban belakang: Shinko 100/80-16
N-Joy 76 Extreme: 0817-337443

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa