Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha 125Z, Oprekan Khusus Buat Sentul

billy - Rabu, 24 Juli 2013 | 15:16 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Usianya memang tak lagi belia, tapi sohib saya ini memang motorcycle freak. Punya beragam koleksi motor kencang dari Kawasaki Ninja 150, Ninja 250 sampai Moriwaki MD250H. Saat mencari motor bebek, pria yang namanya minta disamarkan ini memilih moped gen kencang, yaitu Yamaha 125Z.

Meski motor tua, tapi beruntung bahan 125Z terbilang segar, sehingga tak perlu banyak jajan spare part. Alhasil manajer salah satu bank swasta nasional ini langsung mengirim 125Z ini ke bengkel CMS di Kemayoran, Jakarta Pusat yang terkenal jago korek mesin 2-tak.

Mesin 2-tak 124,3 cc ini mendapat korekan ringan di seputar lubang buang dan transfer. Angkanya tak ekstrim karena spek motor bukan buat balap beneran. Dipadu karburator Keihin PWK28 dan knalpot AHM, maka 125Z ini punya tenaga lebih dari cukup untuk dipakai latihan di sirkuit Sentul Karting.

Ini memang hobi pria pendiam ini sejak lama. “Kalau di jalanan, saya sih malah takut ngebut karena memang lalu lintas Jakarta kacau, jadi kalau mau merasakan adrenalin ngebut amannya ke sirkuit saja,” ujar warga apartemen Taman Anggrek, Tomang, Jakarta Barat ini.

No caption
No credit
No caption

Selanjutnya bagian pengendalian diupgrade, bukan dengan ganti sok depan.Karena suspensi depan 125Z sudah lebih besar dari bebek biasa, bengkel CMS memasang segitiga depan khusus dari bahan alumunium billet yang memegang sok depan sampai ke pegangan setang.

Meski 125Z ini khusus dipakai buat sirkuit, tapi tak lantas tampilannya apa adanya. Bodi 125Z dibikin cantik oleh bengkel Hans Surya di Kedoya Jakarta Barat. Memakai motif ala helm Nolan X602 punya Casey Stoner edisi khusus Phillip Island.

Karena memang tidak dipakai untuk jalanan, lampu depan-belakang dan sein dilepas. Batok lampu 125Z digusur dengan batok setang Yamaha Mio Soul.


Nah, yang unik di dalam headlamp dipasang ponsel Apple Iphone 4s. Namanya juga smartphone, bisa untuk beragam aplikasi dong. “Saya download software Lap Times untuk mengukur hasil tiap lap, software ini memakai sinyal GPS jadi bisa dibilang cukup akurat, lumayan jadi kalau latihan ketahuan time-nya,” ujar pria yang menyukai beragam gadget berkaitan dengan motor.

Untuk memasang Iphone 4s ke setang 125Z, maka butuh dudukan khusus. Maka secara khusus dibeli softcase berikut dudukan buatan Topeak yang sejatinya untuk sepeda. Tapi, karena diameternya sama jadi bisa dipasang ke motor. Softcase Topeak ini juga tahan benturan dan tahan air, lho. Mantap!. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Pelek: Racing Boy 1,85x17 & 2,15x17
Ban: Battlax BT39SS, 90/80-17
Cakram depan: Yamaha TZM150
Master rem: Brembo RCS15
Selang rem: Hel
Footstep: Racing Boy
Knalpot: AHM Malaysia

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa