Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Blade, Seting Bahan Bakar Racikan

billy - Jumat, 12 Juli 2013 | 18:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Regulasi one make fuel menggunakan Pertamax Plus di ajang Honda Racing Championship (HRC) di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, tidak membuat mekanik kewalahan. Apalagi, bahan bakar Pertamax disupport dari Honda.

Tetapi, sebelum balap cukup sulit untuk mencari Pertamax Plus. Menariknya, para mekanik tak kehabisan akal. Mereka tetap melakukan riset, namun pakai bahan bakar racikan.

“Karena belum ada Pertamax Plus di sini, untuk seting mesin saya campur Pertamax dengan bensol. Perbandingannya 70-30 %,” bilang Ade Wiranata, tuner lokal asli Banjarbaru dari tim Trio Boss Racing Team (TBRT) yang jadi tim pabrikan Honda untuk region 4.

Menurut Ade, ini salah satu cara mekanik mengakali belum tersedianya Pertamax Plus di daerah. Kalau diamati Research Octane Number (RON) atau nilai oktan Pertamax Plus RON 95, sedangkan Pertamax hanya RON 92.

“Kurangnya beberapa nilai oktan pada Pertamax itu saya campur dengan bensol yang punya RON 105,” lanjut mekanik kelahiran Ciamis, Jawa Barat yang meriset sendiri motor balapnya.


Untuk menyesuaikan bahan Pertamax Plus, seting motor harus diatur ulang. “Saya hanya menurunkan perbandingan kompresinya bermain di 12 : 1, biar daya tahan mesin mampu digeber sampai 15 lap di sirkuit ini,” urai Ade dengan mendesain ulang dome pistonnya.

Buat mengimbangi kompresi rendah, mekanik ramah ini menerapkan kem durasi 268 derajat buat klep in dan ex split. Durasi rendah ini, agar respon di rpm bawahnya lebih agresif. Sayangnya, Ade enggan untuk menjelasakan ukuran detail buka-tutup durasi.

Lanjut! Bermain di trek yang didominasi tikungan putar balik, final gir pakai kombinasi 13/46 mata. Jadi, tenaga bawah motor mampu digapai secara maksimal. Apalagi, tipikal Alfian agresif bawa motor di putaran bawah.

Ternyata, seting yang diterapkan Ade dengan bahan bakar racikan tadi, terbukti mujarab. Soalnya, Honda Blade Alfian R yang turun di kelas Bebek 4-tak Tune up 110 cc Seeded ini bisa melesat jauh meninggalkan lawannya. Racer itupun berdiri di atas podium tertinggi.  (motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Ban depan : FDR Sport MP 27 90/80 -17
Ban belakang : FDR Sport MP 27 90/80 -17
Knalpot  : R9 Racing
CDI: BRT i-Max Super Pro
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa