Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Jupiter Z, Seting Kuat Power Bawah

billy - Selasa, 2 Juli 2013 | 09:59 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Nampaknya, tak banyak juga mekanik yang andalkan bensol sebagai bahan bakar di pacuan balap. Seribu satu alasan diungkapkan. Salah satunya karena enggan buat gonta-ganti seting. So, mereka cenderung fokus seting mesin berdasarkan Pertamax Plus.

Seting bahan bakar yang bisa ditemui di SPBU ini, juga bisa dibikin sesuai karakter pembalap. Seperti dilakukan Widya Krida Laksana di pacuan Sulung Giwa dari tim Yamaha Yamalube NHK 3M FDR Ridlatama Racing Team (YYN3MFRT).

“Karakter Sulung lebih suka dengan mesin yang kuat di putaran bawah-tengah. Atas, tidak terlalu penting,” beber tunner muda yang akrab disapa Gendut ini. Bermodal rasio kompresi mesin 12,4 : 1 yang tergolong rendah buat pacuan balap, tetapi seting pun terbukti mujarab!


Sulung, mendominasi kelas Bebek 4-tak 125 cc Tune up Seeded di ajang Yamaha Cup Race Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah minggu lalu. Lewat mesin berpiston Daytona diameter 55,25 mm yang dibuat mendem 0,4 mm dari bibir silinder blok, Yamaha Jupiter Z miliknya seakan bermain sendiri di barisan depan.

Piston yang bagian kubah atau dome dibikin 1,5 mm ini, dikawal paking blok silinder bikinan dari bahan aluminium. “Tebalnya paking dibuat layaknya paking standar yang tebalnya 0,5 mm. Tetapi keuntungannya, ketebalan paking tak menyusut ketika mesin makin panas,” ungkap tunner 30 tahun yang tinggal di Jogjakarta ini.

Karena paking tak menyusut, maka rasio kompresi mesin akan terjaga sempurna. Efeknya, power yang diusung engine tetap mengalir stabil sembari ditemani klep Sonic diameter 28 mm (in) dan 24 mm (ex) dengan lift klep 9,3 mm.

Buat imbangi karakter balap Sulung yang suka geber motor di putaran bawah-tengah, magnet standar digantikan perannya lewat rotor dengan berat 500 gram. “Untuk balancernya, tergantung sirkuit. Kalau di Pekalongan kemarin, pakai balacer 350 gram. Karena ada sedikit trek menanjak,” jelas Gendut yang makin terlihat manis ketika tersenyum.  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban: FDR MP76 90/80-17
Pelek: Excel Takasago
Sok belakang: Penske
CDI: Rextor Pro Drag
Knalpot: Cream Pie
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa