Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Scoopy, Kontak Dua Fungsi

billy - Sabtu, 29 Juni 2013 | 12:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Eri Juneidi yang ngetop dipanggil Bogel menambah fungsi kontak ON/OFF Honda Scoopy. Kalau kunci diputar ke arah ON tanpa menekan handel rem, jok akan langsung terbuka.

“Saya memanfaatkan central lock pintu mobil. Tinggal diterapkan ke motor,” kata Bogel yang juga awak dari Samarinda Scoopy Club (SSC) itu.

Central lock yang digunakan untuk menggerakkan jok supaya terbuka memang cocok. Central lock di mobil bekerja sepersekian detik saat posisi kunci sudah ON sebelum mesin dinyalakan. Kunci mobil akan tertutup otomatis sebelum mesin ON. Begitu juga setelah mesin dimatikan, secara otomatis kunci pun terbuka.

Dengan mekanisme kunci yang terkunci dan terbuka di mobil, Bogel menggunakannya untuk membuka jok Scoopy. “Komponen central lock-nya dipasang di bawah jok. Kelistrikannya memanfaatkan switch kunci kontak,” urai Bogel yang tinggal di Jl. Oto Iskandardinata, Samarinda, Kalimantan Timur.


Arus listrik untuk mengangkat jok diambil dari kontak mesin. Kabel minus yang dipasang di bodi dan kabel plus ke kontak starter, harus juga didukung relay. Relay dipasang untuk memutus arus saat kontak berfungsi mengangkat jok.

“Meski dalam posisi jok terangkat, kontak mesin masih bisa berfungsi. Tinggal tekan handel rem, terus tombol elektrik starter dinyalakan,” ulas Bogel yang berumur 24 tahun.

Wah, betul juga tuh. Mesin bisa di-nyalakan meski jok sudah terangkat, akan terasa banget saat isi bensin. Pastinya saat isi bensin harus buka jok. Setelah bensin diisi mesin bisa langsung dinyalakan. Tinggal ditutup deh jok dan langsung ngegas deh.

Kebayang, kan kalau sesaat elektrik starter enggak berfungsi saat jok terbuka. Bikin pekerjaan dua kali. Nutup jok dulu setelah bensin terisi, baru deh nyalain mesin. “Itulah makanya dipasang relay. Jadi, enggak ribet saat isi bensin,” kata Bogel lagi.

Pegas untuk mengangkat jok memanfaatkan komponen hidrolis jok motor. “Enaknya sudah banyak terjual di toko-toko variasi. Saat kunci kontak diputar ke ON hidrolisnya akan mendorong jok ke atas,” tutup Bogel.

Boleh juga!. (motorplus-online.com)


DATA MODIFIKASI
Ban depan : FDR 80/90-14
Ban belakang : FDR 80/90-14
Handel rem  : Bikers
Sokbreker belakang : YSS
Handgrip  : Bikers
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa