Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Byson, Desain Buell Jadi Acuan

billy - Rabu, 26 Juni 2013 | 13:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Buell tipe Lightning City X XB9SX tahun 2006, jadi sasaran konsep modifikasi yang dilakukan VOD Custom. Itu lho, motor bertemakan street fighter yang diproduksi Buell Motorcycle Company yang juga bekerjasama dengan Harley-Davidson.

Tapi, Amir Prasetya selaku owner VOD Custom ogah jiplak sama persis. Amir menambahkan aura street fighter lebih kental ketimbang hanya sekedar tampilan Buell standar.

“Agar lebih beda dari yang lain, jadi sedikit memainkan tampilan sangar. Supaya beda sesuai permintaan customer,” curhatnya. Untuk mematangkan konsep acuan awal, frame belakang Yamaha Byson harus rela disunat sekitar 15 centimeter. Lalu, disambung dan dibentuk ulang pakai pipa ukuran 1/2 inci.

Cover sasis belakang baru, desainnya dibikin tipis layaknya ekor Buell. Bodi ini terbuat dari bahan fiberglass. “Di Buell masih bisa boncengan, tetapi di Byson ini single seater. Artinya anti boncenger dan egois,” aku pria asli Jogjakarta itu.

Swing arm, menyasar bentuk yang hampir sama dengan Buell. Pilihan tepat dipilih produk lokal. Yaitu, Power. Untuk pasangnya pun terbilang mudah, tinggal bolt on saja karena ready buat Byson.


Mengakali dimensi engine agar tak terlihat kecil, dibuatkan half fairing yang terbuat dari fiberglass untuk menutupinya. Urusan kondom tangki dan half fairing, Amir coba suguhkan model street fighter yang didapatnya lewat browsing di internet. “Dengan half fairing, konsep Buell jadi lebih garang,” paparnya.

Sedangkan di bagian depan, headlamp dibikin Buell banget dengan tampilan dua lampu bulat untuk menemani riding malam hari. Apalagi, bohlam sudah aplikasi tipe HID.

Agar mengimbangi postur tubuh yang gambot di tengah, sok depan sedikit dicustom. “Dibikin cakram ganda dan dibagian atas as sok dikondom pakai pipa paralon,” terangnya.

Finishing touch terlihat makin garang dengan kombinasi hitam doft dan merah menyala. “Cat pakai Nippe yang dilapis clear doft dengan merek sama,” kata pria yang stay di Komp. Ciledug Indah No. 1, Dirgantara 6, Ciledug, Tangerang Selatan.  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Comet 130/70-17
Ban belakng : Battlax 180/55-17
Pelek : V-Rossi
Cakram : PSM
Takometer : TDA


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa