Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha King Kong, Saingan Monkey & Gorilla

billy - Minggu, 16 Juni 2013 | 12:45 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sudah sejak lama pabrikan motor Honda melansir Honda Monkey dan Gorilla. Itu tuh.., tunggangan bonsai yang usung mesin mirip motor bebek pada umumnya. Hanya saja varian jenis ini tidak banyak diikuti pabrikan lain, sehingga trendnya tidak terlalu booming macam skubek.

Karena alasan tersebut, Kunto Hayadi dari HKR Custom coba mencari peruntungan dengan membuat varian sejenis. “Tungangan ini saya kasih nama Yamaha King Kong, karena basic engine pakai bebek Yamaha rakitan 2011. Kebetulan pabrikan Yamaha sendiri tidak punya model seperti ini,” jelas warga Jl. Cipete Dalam II, Cipete, Jakarta Selatan yang pilih mesin Yamaha Jupiter-Z ini.

Alasan Kunto memberi nama Yamaha King Kong sangat jelas. Pertama, dimensi King Kong lebih besar dari Monkey atau Gorilla. Itu jika lihat bentuk asli ketiga hewan tersebut. Begitu juga dengan lebar, tinggi juga panjang keseluruhan motor asli bikinan modifikator lokal ini.

“Perbedaan paling mendasar tampak pada ukuran ban ring 12 inci dan bukan 10 inci seperti umumnya. Oleh sebab itu, suspensi depan berikut setang, batok lampu dan rem belakang mesti diimport. Itu biar ukuran tabung sok pas dengan lingkar ban,” aku Kunto sambil memaparkan kalau tangki juga bikin di pabrik, karena model sambungannya dipress.


Selain sok depan, peredam kejut belakang juga didatangkan dari luar negeri. Penyebabnya karena ukuran panjangnya 40 cm, memang jarang ada di pasaran.

Lalu, peredam kejut terhubung ke lengan ayun produk Honda CB series. Sok ini pun terikat ke sasis custom yang tetap gunakan engine mounting bebek Yamaha.

“Untuk sasis saya bikin sendiri. Sengaja dimensinya dibikin lebih panjang, biar tenaga motor enggak terlalu liar waktu gas dibuka. Kan problem kayak begitu sering dialami motor kecil,” jelas Kunto yang juga memasang jok custom dengan bahan busa impor.

Eh iya, selain engine standar, Kunto yang sudah menjual 10 buah unit juga menyiapkan versi bore up sampai 300 cc. Namun harga jualnya sekitar 60 juta atau lebih mahal dari versi mesin standarnya. Kalau mau coba cari tahu asal usulnya, mending kontek ke nomor teleon (021) 320-64282. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Kenda 120/70-12
Ban belakang : Kenda 130/70-12
Cakram depan : Import mirip cakram F-150
Kaliper belakang : Satria F-150 belakang
Gir : Yamaha Vega
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa