Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Jupiter-Z, Tenaga dan Torsi Imbang

billy - Selasa, 11 Juni 2013 | 19:24 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bermain di kelas Bebek Modifikasi, tidak hanya membutuhkan skill dan stamina prima. Tapi, dukungan dari pacuan yang mumpuni mutlak dibutuhkan. Seperti yang nampak di Yamaha Jupiter-Z pacuan Edward Sutrisno dari KPM MX Cilacap yang bermain di kelas Bebek Modifikasi Open di salah satu event grastrack Kejurda Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Untuk itu pembalap asal kota Salatiga ini menggandeng Wahyu mekanik yang ada di Jogjakarta. Senjata apa saja yang dibenamkan di motor keluaran tahun 2009 ini sehingga mampu melesat meninggalkan lawan-lawannya? Mari kita tengok lebih dalam lagi.

“Yang pasti sektor mesin mutlak mendapatkan perlakuan. Bermain di grasstrack, tenaga yang dihasilkan motor harus terkontrol,”beber Wahyu sang mekanik.

Terkontrol maksudnya tenaga motor tidak dibuat terlalu liar. Sehingga pembalap dalam mengendalikan tidak terlalu mengalami kesulitan. “Karakter dari pembalap juga menjadi acuan dalam melakukan ubahan mesin. Sehingga masukan dari pembalap mulai dari cara bawa motor dan posisi mengendarai, menjadi dasar melakukan ubahan,” jelasnya.

Untuk mendapatkan motor yang sesuai dengan karakter Edward Sutrisno yang cenderung smooth, menurut sang mekanik rasio kompresi mesin dipatok di angka 14,5 : 1. Kompresi sebesar itu didapatkan dari pemakaian piston Daytona yang mempunyai diameter 55,25 mm.


“Dengan konstruksi piston Daytona yang mempunyai tonjolan di bagian atas, sehingga untuk menaikkan kompresi tidak banyak bagian yang diubah,” tambah mekanik yang beralamat di Jl. Wates Km. 6, Sleman, Jogjakarta.

Stroke dipertahankan standar. Tentu masih mengaplikasi setang seher standar yang mempunyai panjang 54 mm. Dengan perbandingan stroke dan diameter piston yang telah berubah, menjadikan karakter mesin mendekati mesin square. Dimana, tenaga dan torsi berimbang pada putaran menengah.

Selanjutnya, pengapian dipercayakan pada komponen pengapian motor SE alias Special Engine. Yamaha YZ125 menjadi pilihan, karena diyakini lebih mendukung dari spek motor yang sudah meningkat.

“Pengapian aplikasi magnet dan koil dari Yamaha YZ125, karena komponen pengapian ini mempunyai spark energy yang lebih besar,” beber mekanik yang memilih CDI Vortex untuk mengawal bunga api yang dihasilkan.

Terakhir, kaki-kaki menjadi fokus berikutnya untuk disempurnakan. Berbekal peredam kejut Yamaha YZ85 pada roda depan dan Kayaba untuk roda belakang, menjadikan motor lebih nyaman saat melibas lintasan yang keriting. Power delivery yang smooth didukung kestabilan tinggi, bikin podium jadi incaran. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa