Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Jupiter-Z, Ganti Klep Buat Main Asia

billy - Rabu, 5 Juni 2013 | 10:45 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jika tak ada insiden ‘red flag’, Yamaha Jupiter-Z pacuan Harlan Fadillah ini bisa keluar sebagai juara Pertama di race 2 ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) seri ke-2 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat tiga minggu lalu. Tetapi, buat tarung di ARRC, klep kudu diganti!

“Bukan masalah diameter. Tetapi, dari bahan, regulasinya tidak boleh pakai titanium. Akhirnya, kembali pakai klep Honda Sonic. Untuk klep in 28 mm dan ex 23 mm,” ungkap Tomy Huang dari Bintang Racing Team (BRT).

Jika buat bertarung di IndoPrix, Jupiter-Z ini biasa pakai klep Honda CRF 250 yang aplikasi bahan titanium buat kejar bobotnya yang ringan. Dengan begitu, kitiran mesin bisa bermain lebih tinggi. “Sebenarnya kalau dibilang kuat mana, lebih kuat klep Sonic. Tetapi, bobotnya tentu lebih berat,” tambahnya.

No caption
No credit
No caption
Piston dibuat ringan, demi kejar rpm tinggi,
limitter CDI dipatok di 14.300 rpm dan durasi kem tetap 265 derajat.

Buat temani permainan klep ini, Tomy mengaplikasi sitting klep dari bahan berylium copper. Kelebihan bahan ini ketimbang sitting klep lainnya, mampu menahan panas dan licin. Sehingga rasio kompresi mesin 12,4 : 1 yang diterapkan, tetap terjaga sempurna.

“Selain itu, enggak takut juga untuk bermain rpm tinggi di motor ini. Karena tenaga yang dihasilkan tetap konsisten,” bebernya sembari bilang limmiter CDI dipatok di angka 14.300 rpm dengan CDI dari BRT I-Max Super Pro yang dikombinasi magnet milik Yamaha YZ125.

Dengan permainan durasi kem yang dibikin jadi 265°, tinggi angkatan klep dipatok jadi 9,2 mm. Angka ini, berlaku sama buat klep isap dan klep buang. Lalu, gas speed diseting hingga 100 meter/ detik dengan CFM bermain di 105.



Soal part penggebuk ruang bakar, tak alami ubahan. Maksudnya, Tomy tetap mengandalkan piston diameter 52 mm dari Daytona. Dengan dome piston yang 2,5 mm, permukaan piston dibuat mendem 0,5 mm dari permukaan bibir blok silinder bagian atas.

Lewat seting yang diterapkan, Tomy ingin Jupiter Z ini memiliki torsi besar sejak putaran bawah. Maka itu, seting disempurnakan lewat pemakaian karburator Uma Racing 24 mm. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Battlax 90/80-17
Ban belakang : Battlax 100/70-17
Cakram : Nissin
Brake pad : Nissin (Medium)
Sok belakang : Daytona


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa