Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Skydrive, 155 cc Kejar Power Bawah

billy - Kamis, 30 Mei 2013 | 08:58 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Patrick Kei-Kei coba buktikan kehandalan Suzuki Skydrive. Ini coba ditunjukkan kala tarung di ajang fun race di sirkuit Gokart Sentul, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Soal engine, diserahkan ke dua tuner.

Buat ruang bakar, Patrick percayakan ke Widodo. “Seting mesin coba bermain di karakter square, biar power mesin selalu tersedia kala dibutuhkan. Tetapi, power bawahnya coba sedikit dibuat lebih besar ketimbang atasnya,” aku mekanik asal Wonogiri, Jawa Tengah dari bengkel Dovi Racing Team ini.

Buat kejar power berlebih di putaran bawah, ditempuh lewat bore up. Piston milik Skydrive yang aslinya berdiameter 53,5 mm diganti pakai merek piston dari FIM Piston berdiameter 58 mm.


Kebutuhan power tidak cukup sampai situ saja. Widodo juga coba menggebrak tenaga bawah lewat stroke up. “Naikin stroke-nya pakai metode pen stroke saja. Sengaja enggak terlalu extreme. Cukup pakai pen stroke 1,5 mm. Naik-turun jadi 3 mm. Jadi, total stroke sekarang 58,2 mm,” tambahnya.

Total isi silinder sekarang jadi 153 cc. Tapi, ternyata ubahan seperti itu ada kendala yang harus dihadapi. “Biasanya suka timbul getaran mesin. Untuk meredam getaran itu, saya pakai laher kruk as high speed dari FAG,” kata mekanik yang bengkelnya berada di Jl. Utan Panjang 3 No. 8, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Nah, giliran kem, Patrick serahkan ke Miftah Solih dari Pandawa Lima. “Lift klep saya bikin jadi 8,5 mm. Sedangkan durasi kem main di 255 derajat buat in dan ex,” ungkap tuner yang ngendon di Jl. Praja Dalam K No. 27A, Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Indotire 90/80-14
Ban belakang : Indotire 90/80-14
Karburator : Keihin PE 28
Dovi Racing Team : 0877-8156-0103
Pandawa Lima: 0881-1072-820

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa