Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda S90, Unique City Racer

billy - Senin, 3 Juni 2013 | 09:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Julukan ini diberikan, karena konsep modifikasi yang memadukan antara city cub dengan café racer. Hasilnya, unik kan?

“Untuk fork depan mengaplikasi milik Honda C70,” beber Bagoes Listiantio yang pemilik Honda S90 lansiran 1966 ini. Buat adopsi fork milik C70 ini, bukan perkara sulit. Karena menurut Bagoes, prosesnya sama seperti variasi bolt on yang tinggal pasang. Sebab, as komstir tak perlu diubah.
No caption
No credit
No caption
Tapi, modelnya enggak pakai segitiga atas. Jadi, cuma andalkan segitiga bawah aja. “Buat memperkuat pegangan, tetap pakai dudukan komstir atas bawaan C 70. Termasuk murnya juga,” sebut owner rumah modif BAR2ND yang artinya barang-baranng bekas alias second.


Biar tampilan makin klasik, lampu depan dibuat menyatu di fork. Untuk ini, Bagoes mengandalkan dop tengah dari mobil jip sebagai dudukan headlamp.

No caption
No credit
No caption

Sedangkan lampu, diambil dari foglamp variasi. Pemasangannya, dudukan lampu dilas di pelat besi tebal 1 mm. Setelah itu, dipasang ke fork dengan sistem baut.

Mengakali setang yang dibuat model membentang lurus, Bagoes pun mengaplikasi milik Yamaha RX-King. Tapi, yang diambil cuma bagian lurusnya saja.

“Pemasangannya pakai sistem bushing,” timpalnya dari Perumahan Taman Mangu Indah, Jl. Bougenvile, Blok B2/19, Pondok Aren, Tangerang.

Maksudnya model bushing, sebelum setang dipasang, dibuat dulu bushing dari pipa alumunium diameter 0,5 inci. Bushing ini, dipasang di fork.

Setelah itu, baru masukan setang dan dikencangkan pakai baut L8 dari ujung luar setang. Detail pemasangan, rapi tuh!

Terakhir, demi memperkuat kesan café racer, bodi belakang ala buntut tawon dibuat dari besi pelat tebal 1 mm. Harmonisasi pun terjaga sempurna!

Mantap Teng!. (motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Ban depan: IRC 2,50 x 17
Ban belakang : Mizzle 3,00 x 17
Pelek : V-Rossi
BAR2ND: 0857-8122-7252
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa