Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda BeAT, Nih Rahasia Jawara Kelas Matic 130 cc Tune up

billy - Kamis, 9 Mei 2013 | 12:27 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bram Prasetya yang pembalap tim CLD Bonaharto Apry XL EM-Push TKRJ, berhasil berdiri di podium pertama kelas Matic 130 cc Tune up Open. Iya, dalam event bertajuk Pertamina Enduro Comet KYT R9 BRT The Master of Matic Race Championship 2013. Memamakai Honda BeAT, balap digeber di Sirkuit Sentul Karting, Bogor, Jawa Barat, dua minggu lalu.

Untuk berada di barisan terdepan dan finish dengan predikat juara, tentunya punya trik tersendiri. “Bagian mesin kita maksimalkan dan didukung dengan suspensi yang bagus untuk melahap sirkuit Sentul ini,” bilang Mansuri, mekanik yang kebagian seting besutan Bram Prasetya.

Urusan engine mengikuti kelas 130 cc, kapasitasnya dibikin bengkak. Piston mengaplikasi diameter 55 milimeter. Dipadukan dengan stroke standar yang 55 mm. Kalau dihitung dengan rumus volume silinder jadinya 130,6 cc. Lewat dong bro dari 130 cc?

Aplikasi piston ini, diseting mendem 1 milimeter dari bibir silinder. Ukuran mendem 1 mm dibikin untuk durability menghadapi pertempuran di atas sirkuit sebanyak 15 lap. Perbandingan kompresi mesin, dibikin lebih padet. Jadi 13,1 : 1. “Tentu perbandingan kompresi ini untuk setingan penggunaan Pertamax dengan ron 92,” aku Suri, panggilan akrab Mansuri yang bukan sodaranya Mansur S.


Head diubah model bathub, dijejali klep in 23 mm dan ex 28 mm. Sedangkan untuk mendorong buka-tutup klep, durasi kem dibikin jadi 275 derajat.

Buat atur debit bahan bakar, turun di seri pembuka Matic Race ini kebagian riset karburator baru. “Di event ini kita pakai karburator merek X1R diameter venturi 28 mm. Baru dan masih riset. Untuk daleman, pakai pilot-jet 130 dan main-jet 30,” papar Suri yang masih  belum tahu asal produk ini dari negara mana.

Mesin sudah mantap. Giliran ngomongin suspensi. Untuk melahap corner yang dimiliki Sirkuit Gokart Sentul, suspensi dibikin naik-turunnya lebih lambat. Agar, gejala bumpy bisa diminimalisir.

“Agar naik-turun lebih smooth, sok depan ikut dicustom. Lubang tempat masuknya oli ke sulingan, digeser ke atas dan diameternya dibikin kecil. Sehingga sedikit menyumbat aliran oli. Hasilnya naik-turun jadi lambat. Sedangkan sok belakang, pakai produk aftermarket dari Daytona. Intinya, mesin dan suspensi harus bisa bersinergi,” cetusnya.

Okelah kalau begitu. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban: FDR 80/90-16
CDI: BRT Prodrag
Knalpot: CLD
Roller: CLD
Sok belakang: Daytona

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa