Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Jupiter MX135, Supermoto Ala Pak Polisi

billy - Kamis, 25 April 2013 | 19:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Yamaha Jupiter MX 135 milik Suhardi yang seorang Polisi DITPOLAIR di Polda Jateng ini menarik dibahas. Bukan karena motor ini milik seorang Briptu, tapi memang dari sisi desain, acuan yang coba dianut cukup jelas dan pengerjaan terhitung rapi.

Sekilas tampilan dari Kawasaki KLX cukup kentara pada motor yang dikelir oranye kombinasi hitam ini. Seperti teromol, piringan cakram, lengan ayun dan juga bodi set aplikasi dari kepunyaan KLX. Tapi, jika diperhatikan seksama, ada bagian yang disesuaikan selera pemiliknya.

Basic motor MX 135 sebenarnya tidak begitu mendukung untuk dibuat tampilan trail. Maka itu, dia coba konsultasi ke rumah modif Pap & Mam Modified (PMM) di Jl. Kedung Mundu, Semarang, Jawa Tengah. Hasil konsultasi, akhirnya disepakati membuatkan rangka baru.


“Jupiter MX merupakan motor bebek. Untuk itu jika kita ingin mengubahnya jadi trail, maka semuanya harus ubah,” buka Hendro yang komandan dari PMM. Tak tunggu lama, seluruh bagian motor dimutilasi, hanya meninggalkan mesin saja.

Desain rangka dibutuhkan kepresisian dalam hal dimensi dan komposisi tampilan motor secara keseluruhan. “Yang punya motor inginnya tidak terlalu tinggi. Sehingga perlu dibuatkan desain yang pas sehingga tampilan motor tidak kedodoran,” lanjut pria yang mulai fokus pada modifikasi fungsional ini.
Untuk rangka bagian atas, dipilih pipa besi yang mempunyai diameter ¾ inci, sedangkan untuk bawah dan sub frame didesain ulang dengan mengandalkan pipa ½ inci. Nah, rangka harus padu saat disandingkan lengan ayun dari KLX.

“Saat set mesin di rangka, sempat alami masalah. Bensin netes terus, karena posisinya tidak pas. Jadi harus mendesain ulang rangka,” bebernya.

Berikutnya! Untuk menambah kesan gahar, tampilan deltabox yang terbuat dari serat fiberglass dipasangkan. Dari fungsi, mungkin tidak begitu besar. Tapi, secara visual dengan adanya sasis ‘tipuan’ ini motor semakin terlihat macho.

Dari kaki-kaki, andalkan upside down. Ini, dikombinasikan dengan lingkar roda diameter 17 inci. Baik depan maupun belakang. “Karena motor lebih banyak dipakai di permukaan aspal, maka ban pakai kembangan buat aspal dan tanah. Atau, dual purpose,” beber mekanik yang memilih ban Swallow ukuran 100/80-17 untuk depan dan 120/80-15 (belakang).

Tak tertinggal, pengecatan diserahkan pada Rief Painting&Airbrush di Jl. Amposari, Kedungmundu, Semarang. Warna oranye khas KTM yang dikombinasikan dengan garis-garis hitam, semakin menonjolkan sisi maskulin dari pacuan. “Warna ini pakai cat Blinken yang ditutup dengan clear Spies Hecker,” tutup Arif sang brusher. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Pelek: TDR
Monosok: DBS
Setang: Baros
Knalpot: AHM
Pap&Mam Modified: 0813-2825-4585

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa