Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Tiger, Disulap Jadi Moto Guzzi

billy - Selasa, 23 April 2013 | 09:27 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Meski bukan Pak Tarno yang bukan tukang sulap itu, Wardayo bisa menyulap besutan apapun sesuai khayalan pemilik motor. Enggak percaya? Simsalabin, jadi, apa? Prok prok... Tuh, Honda Tiger 2008 milik Indiarto Prasetyo berubah bentuknya menyerupai tampilan Moto Guzzi V7 Café Racer. Edan! Bukan Edun!    

Memang, Moto Guzzi V7 salah satu besutan retro yang dari pabriknya sudah bergaya café racer. Tunggangan asal Italia ini, termasuk master piece lantaran label V7 salah satu varian yang pernah diproduksi Moto Guzzi saat masa kejayannya.
No caption
No credit
No caption

“Tugas saya sebagai modifikator, hanya merealisasikan khayalan pemilik motor,” jelas Wardoyo yang pemilik rumah modifikasi G2C di Cinere, Depok, Jawa Barat. Tentunya enggak gampang meramu Tiger biar tongkrongannya jadi V7.

Lantaran, mulai dari mesin dan model rangkanya sudah berbeda 360°. Mesin Moto Guzzi V7 berkonfigurasi V ‘boxer’ 90° dengan rangka menganut double cradle. Sedangkan Tiger hanya mesin satu silinder model vertikal.

 “Rangka Tiger harus banyak mengalami ubahan. Karena tampilan V7 yang lebih gambot harus disesuaikan dengan mesin Tiger biar enggak kelihatan kedodoran,” ujar builder asal Sragen, Jawa Tengah ini.  

Apalagi detail pada rangka Tiger harus dibikin serupa dengan V7, biar secara ubahan masih ada benang merahnya. Ini yang bikin Wardoyo kudu bikin melar sumbu roda asli. “Sumbu rodanya saya desain lebih panjang sekitar 20 cm. Saya siasati dengan merancang ulang arm pakai pipa tubular,” ujarnya.


Rangka Tiger, hanya dipakai mulai komstir sampai dudukan mesin. Sedangkan bagian sub frame dibentuk ulang. Lantas di bagian tengah rangka dibentuk serupa V7. “Saya tutup dengan pelat yang detailnya dibikin berlubang seperti cover V7,” jelas Wardoyo.

COVER LAMPU CIAMIK
Urusan detail memang selalu jadi perhatian G2C, seperti areal cover atau tebeng lampu depan yang khas café racer diolah dengan bahan pelat besi. Sedangkan windshield  merupakan hasil racikan bengkel G2C mengandalkan bahan akrilik.

“Untuk lampu depan, paling pas pakai copotan dari Yamaha V-ixion,” tutup wardoyo yang menawarkan cover lampu ini seharga Rp 700 ribu dengan bahan pelat dan Rp 500 ribu dari bahan fiber.  (motor.otomotifnet.com)

DATA MODIFIKASI
Ban belakang: Swallow  100/80-17
Ban depan: Swallow 120/90-17
Setang: Variasi
Sok depan: Byson
G2C: 0878-8127-8980

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa