Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Byson, Sempat Dikira Versi 250 cc

billy - Kamis, 18 April 2013 | 12:16 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ingin dongkrak kapasitas silinder tanpa bore up mesin, mungkin bisa ikutin trik yang dilakukan Bro Zulkarnain Gobel, si empunya Yamaha Byson. Kenapa begitu? Sebab pasca custom motor dengan cara bolt on dan tiap kali meluncur ke tempat gaul, ada aja orang yang kira itu Yamaha Byson 250 cc.

“Lucunya kalau ada orang yang dekat ke motor, rata-rata pada bilang begitu. Saya pun bingung jawabnya. Padahal saya cuma modif tampilan luar pakai bodi kit bikinan Lent Automodified. Kebetulan dia punya master cetakan khusus buat Byson custom,” aku warga Komp. Wisma Asri, Bekasi, Jawa Barat itu.

Banyaknya orang pikir Byson baru, karena bodi kit garapan modifikator asal Probolinggo, Jawa Timur itu hasilnya terbilang detail. Mulai dari bentuk, hingga tiap lekukannya. Makanya kalau dikelir ulang dengan desain cat seperti asli Byson, orang banyak yang terkecoh.

No caption
No credit
No caption

Sipnya lagi, Zulkarnain yang karib disapa Gobel bilang kalau bodi kit mudah diaplikasi ke motor. “Buktinya ini, semua bodi kit dipasang sendiri dan cuma dibantu saudara. Kecuali, pasang kaki-kaki aja yang butuh ketelitian mekanik,” ucap pria asli Gorontalo yang lahir di Makasar, Sulawesi Selatan.

Untuk urusan modifikasi motor sport, Gobel mengaku baru kali ini turun langsung. Tapi, karena bodi kit diseting ala bolt on, semua part kiriman itu dipasang sangat mudah. Mulai dari pemasangan kondom tangki, shroud, cover engine hingga cover buritan, semua disusun dan diikat baut ke braket yang memang sudah tersedia di Byson.


Tak hanya bagian cover bodi yang dipasang sendiri. Lihat juga cover lampu depan, bagai muka robot yang apik terpasang. Digarap seperti itu, lantaran bagian dalam mika lampu asli diisi bohlam projector. “Makanya kelihatan lebih gagah meskipun hanya pakai 1 bohlam lampu saja,” bangga Gobel.

Seperti dikatakan di awal, ada beberapa part aftermarket yang mesti dikerjakan ahlinya. Gobel pun lantas menunjuk upside down merek Ride It. Meskipun secara teknis, si penjual peredam kejut ini bilang kalau produknya bisa juga dipasang sendiri.

“Masalahnya bukan cuma mudah di pasang. Tapi, saya tidak tahu gimana cara seting komponen ini saat akan diapliaksi ke komstir. Jika salah seting, setang akan sulit dikendalikan. Ini saja saya minta bantuan mekanik resmi Yamaha, yang sudah pasti tahu betul gimana setingan komstir Byson,” imbuhnya.

Tak hanya pasang upside down, lengan ayun RD Racing juga minta bantuan mekanik Yamaha buat pasangnya. Dan, doi berpikir kalau bukan dikerjakan ahlinya, bisa jadi motor enggak nyaman atau malah membahayakan diri sendiri.

“Secara teori sih kelihatan gampang. Apalagi arm ala moge itu tinggal pasang ke as lengan ayun, trus monosok aslinya masih bisa dipakai tanpa ubah breket. Baru deh, ban ukuran tapak lebar bisa dipakai jika pakai lengan ayun ini,” tutup Gobel yang tetap pakai ban Battlax 120/60-17 dan 160/60-17. (motor.otomotifnet.com)


DATA MODIFIKASI
Master rem: KTC
Cakram: PRM
Voltmeter: Koso
Knalpot: AHRS
Spion: Blue Diamond

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa